4 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan Kulit


Buah matoa adalah buah asli Indonesia yang tumbuh di Papua. Ternyata, buah ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kulit. Indonesia, sebagai negara dengan iklim tropis, memiliki beragam buah dan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan.Salah satu buah asli Indonesia yang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh adalah buah matoa.

Buah matoa berasal dari Papua, Indonesia, dan memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan kulit. Ingin tahu apa saja manfaat buah matoa untuk kecantikan kulit? Temukan jawabannya di sini.

Mengenal Buah Matoa

Buah matoa, yang juga dikenal dengan nama ilmiah Pometia pinnata, termasuk dalam keluarga leci. Buah ini memiliki variasi warna, seperti hijau, merah, ungu, dan cokelat. Buah matoa memiliki bentuk yang lonjong, dengan panjang sekitar 5 hingga 7 cm dan lebar 3 cm. Kulitnya keras namun tipis, dengan batang berwarna keputihan.

Matoa dapat dipetik saat masih hijau, dan saat matang akan berubah menjadi merah. Dagingnya berwarna putih bening, mirip dengan buah leci dan kelengkeng. Daging buahnya memiliki tekstur lembut dan aroma yang harum, mirip dengan kelengkeng atau rambutan. Rasanya juga menggabungkan cita rasa kelengkeng dengan sedikit nuansa durian.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kecantikan Kulit

Meskipun penelitian mengenai kandungan gizi buah matoa masih terbatas, buah ini kaya akan antioksidan yang berasal dari vitamin C dan E. Antioksidan ini memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit. Layaknya buah leci dan kelengkeng, buah matoa juga kaya akan mineral dan kandungan air. 

Berikut manfaat matoa untuk kecantikan kulit yang perlu diketahui

1. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, buah matoa kaya akan kandungan vitamin C dan E. Kedua vitamin ini memiliki peran penting sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh dan juga kulit. Antioksidan dalam perawatan kulit membantu kulit melawan kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah munculnya stres oksidatif. 

Stres oksidatif dapat memecah kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit dan memicu peradangan. Ini akan memunculkan garis-garis halus, kerutan, kulit kendur, jerawat, dan noda di kulit.  Dengan menangkal radikal bebas, antioksidan dalam matoa bisa membantu untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Ini akan menghadirkan kulit yang tampak lebih muda dan bercahaya.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Vitamin C yang terkandung di dalam buah matoa juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Di samping itu, kayanya antioksidan dalam buah ini pun akan membuat kulit tampak lebih mudah. Seorang direktur penelitian kosmetik dan klinik di Rumah Sakit Mount Sinai New York City, Joshua Zeichner, M.D. mengatakan, “Vitamin C adalah komponen kunci untuk banyak rejimen pencerah kulit, karena dapat mengganggu produksi pigmen dan mencegah peradangan.”

3. Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Buah yang mirip kelengkeng ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berjerawat pada wajah. Hal ini karena di dalam buah matoa terdapat senyawa antimikroba yang bisa untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada pori-pori wajah. 

Hal ini membuat kandungan antioksidan dan sifat antimikroba buah matoa dapat digunakan dalam bidang kecantikan terutama untuk masalah jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah matoa juga berperan penting dalam mengatasi jerawat. 

Dilansir dari WebMD, vitamin C mengandung sifat antiinflamasi dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan yang muncul karena jerawat. Hasil ini akan terlihat ketika kamu menggunakan vitamin C secara topikal. 

Dengan begitu, kamu bisa membantu memperbaiki penampilan luka jerawat di kulit wajah dengan menggunakan buah matoa.

4. Membantu Regenerasi Kulit

Dengan ukurannya yang kecil, matoa dapat membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya.

Disebutkan di Healthline, vitamin E dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan dan penampilan kulit. Penggunaan vitamin E yang dioleskan ke wajah dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit tampak lebih muda. 

Itulah beberapa manfaat buah matoa untuk kecantikan kulit yang bisa kamu dapatkan lewat konsumsi ataupun penggunaan topikal. 

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum penggunaan, terutama untuk kamu yang berkulit sensitif. 

Posting Komentar

0 Komentar