Kandungan dan Manfaat pada Buah Nanas


Buah Nanas

Nanas memiliki nama ilmiah Ananas comosus, tumbuhan asli Amerika Selatan dan sudah di budidayakan selama berabad-abad. Buah Nanas adalah tumbuhan tropis dengan tampilan seperti semak dan buah yang dapat dimakan. 

Perkembang biakan nanas sebagai semak kecil, dengan bunga individu dari tanaman yang tidak melakukan penyerbukan atau membentuk buah yang banyak. Tanaman nanas dapat diperbanyak dengan cara offset, melalui bagian atas buah yang seperti mahkota atau melalui tunas baru yang tumbuh disamping buah.


Klasifikasi Nanas

Sebagai tanaman dari Kingdom Plantae, nanas memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Nama Binomial: Ananas comosus

Kerajaan: Plantae

Ordo: Poales

Famili: Bromeliaceae

Subfamili: Bromeliaceae

Genus: Ananas

Spesies: A. comosus


Kandungan Gizi Nanas

Kandungan nanas sangat dibutuhkan tubuh manusia sebagai penambah gizi dan juga pencegah segala penyakit. Di dalam 1 buah nanas terdapat kira-kira 165 gr kandungan gizi nanas, sebagai berikut:

Kalori: 74 gr

Lemak: 0 gr

Kolesterol: 0 gr

Natrium: 2 mg

Kalium: 206 mg

Karbohidrat: 19,5 gr

Gula: 13,7 gr

Protein: 1 gr

Vitamin C: 28 mg

Kalsium: 21 mg


Jenis – Jenis Buah Nanas

Meski buah nanas bukan buah asli tanah air, namun buah ini dengan gampangnya kita temui di Indonesia. Buah nanas yang aman untuk dikonsumsi, dapat disajikan dalam bentuk olahan apapun, seperti campuran pudding, campuran es, cocktail buah nanas, selai, dan masih banyak yang lainnya.

Di tanah air sendiri, nanas merupakan salah satu komponen utama saat membuat rujak. Beberapa jenis buah nanas yang ada di seluruh dunia:

1. Nanas Queen

2. Nanas Cayenne

3. Nanas Smooth Cayenne

4. Nanas Honi

5. Nanas Medusa

6. Nanas Madu

7. Red Spanish

8. Purple Spanish

9. Nanas Abacaxi

10. Roja Espanola


Kegunaan Nanas

Berdasarkan penelitian, buah nanas kaya akan vitamin B, Vitamin C, Mangan, Serat serta Mineral lainnya. Berikut beberapa kegunaan nanas bagi kebutuhan tubuh manusia.


1. Meningkatkan Kesehatan Tubuh dan Mengurangi Peradangan

Buah nanas juga memiliki kandungan kalsium yang berfungsi menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi buah nanas sesuai porsinya, akan menghindarkan kita dari penyakit Osteoporosis.

Selain itu, nanas juga dapat mencegah peradangan lainnya pada tubuh seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, dan masih banyak lagi.


2. Meningkatkan Sistem Imun

Situasi yang saat ini, mengharuskan kita untuk tetap menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Cukup dengan mengonsumsi buah nanas sesuai takarannya, akan membantu meningkatkan sistem imun. Dengan makan nanas sebanyak 140 gr, bisa mencegah infeksi penyakit.


3. Meredakan Gejala Radang Sendi

Kandungan Bromelain pada buah nanas berfungsi sebagai antiinflamasi atau radang sendi.


4. Membantu Proses Diet

Kandungan serat dan rasanya yang terkadang asam, membantu memecah lemak yang menumpuk pada tubuh. Hal ini sangat berguna untuk membantu proses diet terutama bagi para wanita yang ingin menjaga bentuk tubuh.


5. Mencegah Kanker

Banyaknya antioksidan pada buah nanas membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. 


6. Meredakan Batuk

Buah nanas diyakini dapat mengencerkan lendir pada saat batuk, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Kandungan vitamin C-nya juga dipercaya mampu dalam pemulihan batuk.


7. Mengatasi Asma

Mungkin diantara kamu masih banyak yang belum tahu, bahwa buah nanas dapat membantu menurunkan risiko dan mengatasi penyakit asma. 


Itulah artikel tentang buah nanas dengan semua kandungan serta manfaatnya bagi tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu.

Komentar