7 Manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang perlu Diketahu


Cita rasanya yang manis-asam segar, membuat jambu air sering disajikan dalam bentuk rujak buah atau asinan. Jambu air hampir sama dengan jamu monyet termasuk tanaman buah yang mudah ditemukan di pekarangan dan sering dijadikan konsumsi keluarga. Selain itu, jambu air juga menyimpan sejumlah kandungan penting yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat yang dimiliki oleh buah jambu air sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena memiliki kandungan nutrisinya yang melimpah, seperti vitamin C, protein, serat, kalsium, kalium, fosfor, dan nutrisi penting lainnya, menjadikan jambu air sangat bermanfaat. Selain kesehatan, buah ini juga memiliki rasa asam manis yang enak dan segar saat dikonsumsi. 

Ditambah lagi, tingginya kandungan air dalam jambu air membuatnya menjadi pilihan yang tepat sebelum atau setelah berolahraga.Lalu apa sajakah manfaat buah jambu air untuk kesehatan? Berikut ini ada beberapa manfaat buah jambu air untuk kesehatan, di antaranya adalah:

1. Mencegah Radikal Bebas

Dilansir dari Heatlhline, salah satu manfaat buah jambu air adalah kemampuannya dalam melawan dan menangkal radikal bebas yang berbahaya. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C dan senyawa fenolik, yang juga dikenal sebagai flavonoid, dalam buah jambu air.

Senyawa-senayawa tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan lain-lain.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat lain dari buah jambu air adalah kemampuannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C dalam buah jambu air, yang dapat meningkatkan produksi serta meningkatkan fungsi sel darah putih.

3. Mengurangi Risiko Stroke

Rajin mengonsumsi buah jambu air dapat memberikan manfaat dalam mengurangi risiko stroke. Selain itu, buah jambu air juga memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko penyakit berbahaya lainnya, termasuk peradangan, kerusakan oksidatif, masalah jantung, aterosklerosis, tekanan darah tinggi, dan kesehatan endotel.

4. Meningkatkan Kolesterol

Buah jambu air juga menjadi sumber niasin yang dapat mengatur sintesis kolesterol dalam sistem tubuh. Kandungan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik, serta mengurangi jumlah trigliserida berbahaya dan kolesterol LDL yang buruk dalam darah.

5. Menyembuhkan Kram Otot

Selain itu, buah jambu air juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan tinggi air dan mineral dalam buah jambu air membantu melembapkan kulit dan memberikan efek pencerahan, membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Tak hanya itu, buah jambu air memiliki manfaat yang signifikan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam buah jambu air efektif dalam mencegah masalah sembelit. Selain itu, serat dalam buah jambu air juga dapat dikonsumsi sebagai bagian dari program diet dan membantu mencegah diabetes.

7. Meningkatkan Metabolisme

Dilansir dari Pharmeasy, jika rutin mengonsumsi buah jambu air juga dapat membantu mempercepat proses asimilasi karbohidrat, lemak, dan protein dalam makanan. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan, memperbaiki metabolisme, dan membantu menjaga berat badan optimal.

Itulah pembahasan mengenai manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, sekian dan terima kasih.


Posting Komentar

0 Komentar