Manfaat buah kurma untuk kesehatan yang perlu Diketahui


Hai sobat, mungkin kamu sudah tak asing dengan buah yang sering di konsumsi saaat bulan puasa, yaitu buah kurma. Buah kurma (Phonienix dactylifera) adalah tanaman buah tertua yang banyak dibudidayakan di Timur Tengah.

Selain cita rasanya yang manis. Manfaat kurma bagi tubuh sangat banyak. Karena, mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Ketahui lebih lanjut tentang kandungan buah kurma dan berbagai manfaat buah kurma untuk kesehatan di bawah ini.

Kandungan Buah Kurma

Buah kurma mengandung banyak nutrisi. Lantaran di dalam 100 gram kurma mengandung sekitr 280 kalori dan beberapa nutrisi lain, seperti:

75 gr Karbohidrat

65 gr Gula: 65 gr

7–8 gr Serat

2–2,5 gr Protein

65 mg Kalsium

1 mg Zat besi

0,5 mg Zinc

650 ml Kalium

150 IU Vitamin A

Selain beberapa nutrisi di atas, buah kurma juga diketahui memiliki kandungan asam folat, vitamin B, vitamin K, dan berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, karoten, fenolik dan lutein.

Manfaat Buah Kurma

Meskipun buah ini berukuran kecil, ternyata buah kurma bisa menjadi salah satu sumber energi. Terutama bagi orang yang sedang dalam masa pemulihan. Namun, sebenarnya masih banyak lagi manfaat kurma untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui di bawah ini:

1. Menjaga kesehatan kulit dan mata

Vitamin A yang terdapat dalam buah kurma, ternyata bermanfaat menurukan risiko gangguan mata. Bukan hanya itu, kandungan zat asam patotenat buah manis ini juga diketahui dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan elastis.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat lain kurma adalah menjaga kesehatan tulang diperoleh dari kandunga selenium, tembaga, mangan dan magnesium. Karena zat ini berguna untuk menurunkan risiko osteoporosis.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Walapun buah ini memiliki rasa manis dan kadar gula yang tinggi, tapi buah kurama mempunyai indeks glikemik yang dapat dikatakan rendah, sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan cepat.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan didalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah normal dan mencegah resistensi insulin, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

4. Membantu Memenuhi Asupan Gizi

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bisa membantu memenuhi asupan gizi harian, seperti vitamin A, B komplek, C, E dan K serta kalsium, zat besi dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Buah kurma sering kali menjadi hidangan wajib pada bulan puasa. Buah tanpa alasan, manfaat buah kurma untuk sahur sangat membantu memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh tetap dalam kondisi prima selama menjalani puasa.

Hal ini dikarenakan kurma memiliki kalori yang tinggi, jika dibandingkan dengan buah lainnya karena buah ini mengandung banyak gula alami dan sering kali dikeringkan.

5. Menangkal Radikal Bebas

Buah kurma termasuk salah satu makanan kaya antioksidan yang bisa mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Karena antioksidan berguna untuk melindungi sel dan jaring tubuh dari stres dan peradangan kronis yang dapat meningkat risiko berbagai penyakit seperti kanker.

Jenis antioksidan yang terdapat dalam kurma antara lain flavonoid, fenolik, dan karotenoid yang yang bermanfaat mengurangi risiko gangguan kesehatan pada mata.

nah, itulah beberapa manfaat buah kurma bagi kesehatan bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa jaga kesehatan terus ya sobat!

Posting Komentar

0 Komentar