7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan dan Wajah

 
Di balik rasanya yang asam manis, buah markisa ternyata mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya yang diperoleh adalah vitamin A, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, serat, vitamin B6 serta betakarotin.

Selain nutrisi tersebut, senyawa kimia yang ada pada buah markisa seperti, riboflavin, vitamin B3, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan folat. Berkat kandungan inilah buah markisa bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah markisa untuk kesehatan bagi sistem pencernaan, lantaran dalam satu buah memiliki kandungan serat yang tinggi sampai 2 gram serat. Sehingga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Jadi buah markisa untuk ibu hamil sangat dianjurkan, karena ibu hamil kerap mengalami sembelit akibat perubahan hormon. Dengan mengonsumsi buah markisa dalam jumlah cukup, gangguan pencernaan tersebut dapat teratasi.

2.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C yang memiliki manfaat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, markisa memiliki kandungan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dengan membantu menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh. Bukan hanya kekebalan tubuh saja, manfaat buah markisa untuk diet bisa dianjurkan. Karena adanya kandungan vitamin C dan memiliki sepertiga serat dalam buah markisa, sehingga cocok untuk diet.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan berat badan, manfaat buah markisa untuk wajah bisa juga kalian coba. Karena buah markisa memiliki kandungan vitamin C.

3.  Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah markisa untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Karena adanya kandungan kalium pada buah markisa dapat melancarkan sirkulasi darah ke jantung serta menyehatkan jantung.

Apabila kamu mengonsumsi buah markisa dengan bijinya, hal itu mengandung banyak serat dayang membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

4. Baik untuk penderita diabetes

Buah markisa sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Karena markisa salah satu buah tropis yang  memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang rendah. Sehingga buah markisa tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam setelah memakan atau meminumnya serta menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

5. Mengurangi gejala osteoarthritis

Buah markisa sangat baik dikonsumsi bagi penderita osteoarthritis. Uniknya, kulit buah markisa mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi mampu memberikan edek antiradang.

Selain itu, kulit markisa kaya akan flavonoid dan riboflavin yang bisa mengurangi rasa nyeri pada lutut. Bukan hanya untuk kesehatan tulang saja, ternyata manfaat buah markisa untuk diet bisa juga loh! Karena kulit markisa kaya akan flovonoid dan riboflavin sehingga bisa mengurangi berat badan.

6. Menurunkan risiko anemia

Manfaat buah markisa yang satu ini didapat dari kandungan vitamin C. Terbukti, vitamin C berguna untuk membantu penyerapan zat besi.  Kandungan mineral dalam buah markisa yang satu ini berguna untuk memproduksi sel darah merah. Jadi, apabila kadar zat besi di dalam tubuh seimbang, maka kamu tidak mengalami kekurangan sel darah merah akibat anemia defisiensi besi.

7. Mengurangi risiko osteoporosis

Buah markisa terbukti baik untuk kesehatan tulang. Sebab, markisa kaya akan mineral penyusun tulang sehingga kepadatannya terjaga dan terhindar dari osteoporosis.

Jadi buah markisa untuk ibu hamil sangat dianjurkan.Karena ibu hamil rentan terkena osteoporosis, sehingga para ibu bisa mencegahnya dengan rajin makan buah markisa.

Nah itulah pembahasan tentang 7 manfaat yang terkandung dalam buah markisa. Selain asam dan manis. Ternyata buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, tapi sesuai dengan kebutuhan saja ya, karena yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan kita juga!

 

Posting Komentar

0 Komentar