Wajib Tahu! Berikut Daftar Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

Hai sobat, siapa nih dari kamu yang sedang menjalani program hamil atau promil? Apakah kamu tahu, selama menjalani promil, pasangan suami istri disarankan untuk mengonsumsi asupan yang meningkatkan kesuburan. Sehingga, keberhasilan proses pembuahan semakin tinggi.

Selain mengonsumsi makanan peningkat kesuburan, sebaiknya kamu juga menghindari mengonsumsi buah yang dilarang untuk program hamil. Alih-alih meningkatkan kesuburan, buah-buah ini dapat menghambat pembuahan loh. Bahkan, ada beberapa buah yang baik dikonsumsi selama kehamilan, tetapi justru kurang cocok untuk program hamil.

Lantas, apa saja sih buah yang dilarang dikomsumsi untuk program hamil? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. Nanas

Buah pertama adalah nenas. Nenas dianggap dapat meningkatkan kontraksi dan menyebabkan keguguran. Sementara itu, kandungan bromelain dapat memecah protein dan dapat menyebabkan pendarahan. Jadi, nanas dapat mencegah terjadinya kehamilan.

2. Persik

Buah selanjutnya adalah persik. Buah ini dapat meningkatkan suhu panas tubuh yang berpotensi keguguran dan pendarahan semakin tinggi. Meski masih bisa dikonsumsi dalam batas wajar, ada baiknya hindari konsumsi buah persik agar tidak meningkatkan risiko, ya.

3. Blewah

Blewah merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu-ibu yang merencanakan atau sedang menjalani kehamilan karena pernah ada asus paparan salmonella dan keracunan listeria yang berbahaya bagi kesehatan. Peristiwa tersebut terjadi di Australia.

Sementara itu, di Indonesia bisa saja berbeda mengingat blewah yang dijual merupakan hasil petani lokal.

4. Buah beri beku

Buah beri yang dibekukan dalam waktu lama, bisa mengalami perubahan komposisi nutrisi. Selain itu, rasanya pun ikut berubah dan tidak lagi segar.

Mengomsumsi buah-buahan yang dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan dapat berubah menjadi racun bagi janin. Maka dari itu, sebaiknya ambil buah-buahan yang segar dan telah dicuci bersih.

5. Pepaya Muda

Pepaya muda alias belum matang mengandung lateks dan papain yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bisa memicu kontraksi rahim sehingga risiko keguguran semakin meningkat. Itu sebabnya, buah ini tidak dianjurkan selama program kehamilan.

6. Durian

Buah dengan aroma yang sangat khas ini ternyata dipercaya dapat memicu keguguran, sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan diabetes sangat tidak disarankan mengonsumsi durian karena dapat menyebabkan kedua penyakit tersebut semakin parah. Namun, pada dasarnya buah ini sangat baik karena memiliki kandungan antimikroba antibakteri dan antioksidan. Jadi selama dikonsumsi tidak berlebihan, buah durian masih bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

7. Anggur

Buah yang dilarang untuk program hamil terakhir yaitu buah anggur. Alasan mengapa buah anggur dilarang karena dapat menyebabkan terjadinya ketidakstabilan hormon selama kehamilan. Selain itu, anggur juga dapat menyebabkan naiknya temperatur suhu yang dapat merugikan ibu hamil hingga janin. Jadi, jika kamu ingin mengonsumsi buah sebaiknya pilih buah lain terlebih dahulu.

Nah sobat blog, itulah beberapa buah yang dilarang untuk program hamil.

Posting Komentar

0 Komentar