5 Buah yang Baik untuk Peradangan Usus

Usus merupakan organ vital yang berfungsi mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh setelah seluruh nutrisi terserap dengan sempurna. Selain itu, usus juga memiliki peran penting bagi kesehatan. Pasalnya, 70 persen sel-sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh berada di dinding usus.

Secara garis besar, usus kecil berfungsi melanjutkan proses pencernaan makanan, sedangkan usus besar berfungsi memproses tahap akhir pencernaan makanan.

Namun, kita sering sekali lupa untuk memperhatikan kondisi usus, tidak menjaga pola makan serta mengabaikan kandungan yang kita makan/minum. Akibatnya, usus pun menjadi rentan mengalami beragam gangguan kesehatan. Salah satunya usus buntu atau peradangan usus.

Peradangan usus dapat disebabkan oleh beberapa faktor, infeksi, kekurangan darah di dalam usus (ischemia), penyakit radang usus besar (Crohns’s disease, ulcerative colitis), reaksi alergi dan adanya invasi dinding usus besar dengan sel darah putih limfositik atau kolagen.

Maka dari itu, penting bagi kamu mengomsumsi makanan yang sehat, salah satunya adalah buah-buahan.

Buah-buahan sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang mengalami peradangan usus. Berikut beberapa buah yang baik untuk usus buntu.

Buah untuk Penderita Radang Usus

1. Buah Naga

Buah pertama adalah buah naga. Buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Memiliki tekstur yang lembut menjadikan buah ini cocok bagi penderita usus buntu.

Tak hanya itu, buah naga juga rendah kalori serta mengandung serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kamu.

2. Pir

Buah selanjutnya adalah pir. Buat kamu yang ingin cepat sembuh dari penyakit peradangan usus, kamu dapat menjadikan buah pir sebagai salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Kandungan tinggi serat yang ada pada buah pir ini siap memperlancar pencernaan dan juga BAB.

3. Pisang

Buah ketiga adalah pisang. Buah yang memiliki yang lembut dan juga enak dikonsumsi ini sangat direkomendasikan untuk penderita peradangan usus.

Selain itu, serat yang ada pada buah pisang ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Hal tersebut tentu saja membuat pisang akan dapat membantu kelancaran proses penyembuhan penyakit usus buntu ini secara cepat.

4. Alpukat

Buah berikutnya adalah alpukat. Buah ini terkenal dengan kandungan omega-3. Nah, kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga dapat meluruhkan semua sisa makanan.

5. Tomat

Terakhir adalah tomat. Buah ini memiliki andungan omega-3. Nah, kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah perkembangan racun di dinding usus sehingga dapat meluruhkan semua sisa makanan.

Tidak hanya itu, kandungan air serta teksturnya yang lunak pun ada pada buah tomat yang masih tergolong sayuran ini.

Nah sahabat, itulah beberapa buah yang baik untuk peradangan usus. Tetap jaga kesehatan y sahabat.

Posting Komentar

0 Komentar