7 Buah yang Mengandung Banyak Air Guna Menjaga Hidrasi Tubuh

Hai sahabat, apakah kamu tahu, mengonsumsi buah yang tinggi akan air bisa menjadi cara yang baik untuk membuat tubuh terhidrasi, loh. Selain itu, rutin mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuhmu.

Buah dipercaya mengandung banyak serat, vitamin, mineral dan senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dari banyaknya jenis buah, beberapa di antaranya memiliki kadar air yang cukup tinggi.

Lalu, buah apa saja sih yang mengandung banyak air? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Buah yang Mengandung Banyak Air

1. Jeruk

Buah yang pertama adalah jeruk. Selain terkenal sebagai sumber serat dan vitamin C, buah jeruk juga banyak mengandung air. Kadar air pada jeruk mencapai 88 persen.

Kombinasi air dan serat dalam buah jeruk dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga nafsu makan lebih terkendali.

2. Pir

Selanjutnya adalah buah pir. Buah pir merupakan salah satu buah banyak kandungan air dan bagus untuk diet. Buah dengan tekstur renyah ini mengandung 84 persen air dan 6 gram serat sehingga mampu membuat perut kita terasa lebih kenyang usai memakannya.

3. Semangka

Semangka mengandung sekitar 91 hingga 92 persen air yang dipercaya dapat membuat tubuh terhidrasi. Selain itu, buah semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, serta antioksidan yang baik untuk tubuh.

Rutin mengonsumsi semangka dipercaya dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga baik dikonsumsi saat diet, sebab bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih.

4. Belimbing

Berikutnya adalah belimbing. Belimbing memiliki kandungan air hingga 91 persen. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Mengonsumsi buah belimbing tidak hanya dapat membantu menghidrasi tubuh, tetapi juga membuat jantung menjadi lebih sehat. Meski begitu, orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya menghindari buah ini karena kandungan asam oksalat belimbing cukup tinggi.

5. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah yang menjadi favorit kebanyakan orang, terlebih ketika musim panas datang. Tak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat, mangga juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk makanan penutup.

Dikenal sebagai Raja Buah-buahan, mangga dipercaya bagus dalam membantu pencernaan. Mereka sarat dengan antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan. Buah ini juga menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan mata. Semua faktor ini menjadikan mangga sebagai salah satu buah terbaik di musim panas.

6. Mentimun

Mentimun mengandung sekitar 95 – 96,7% air dengan vitamin C, vitamin K, kalium, dan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) berupa asam kafeat.

Makan mentimun tidak hanya membantu mencegah dehidrasi tapi juga mencegah dan mengurangi iritasi. Inilah sebabnya mengapa mentimun sering digunakan untuk meredakan mata bengkak dan iritasi sengatan matahari.

7. Stroberi

Buah terakhir adalah Stroberi. Buah ini mengandung 91% air ditambah vitamin C, mineral mangan, dan ragam antioksidan.

Kandungan air pada stroberi dipercaya dapat mencegah dehidrasi. Sedangkan antioksidan pada stroberi dapat mengurangi peradangan tubuh. Berkurangnya peradangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, hingga penyakit Alzheimer.

Nah sahabat blog, itulah beberapa itulah beberapa buah yang mengandung banyak air. Dan bagus untuk mencegah dehidrasi. Tetap jaga kesehatan ya sahabat.

Posting Komentar

0 Komentar