Yuk Ketahui 7 Manfaat Melon Bagi Kesehatan

Hai sahabat, mungkin sudah tak asing ya bagi kamu dengan buah melon. Melon adalah buah berbentuk bulat yang berasal dari jenis Cucumis melo. Ciri khasnya tampak pada warna kulitnya yang hijau kekuningan dan daging buahnya yang hijau terang.

Melon merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat pandemi Covid-19. Buah melon mempunyai manfaat yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan karena mempunyai rasa yang enak. Selain itu, melon juga memiliki kalori yang rendah sehingga cocok dijadikan menu untuk diet menurunkan berat badan.

Ingin tahu lebih dalam mengenai manfaat buah melon buat kesehatan? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

1. Mencegah Hidrasi

Manfaat yang pertama adalah mencegah hidrasi. Melon mengandung banyak air yang bermanfaat untuk mencegah hidrasi. Pasalnya, Melon madu mengandung sekitar 90% air dan mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi ini membuat melon bagus untuk menghidrasi setelah berolahraga, selama sakit, atau jika Anda hanya mencoba untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Melon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bagus untuk mendukung kesehatan kulit.

Asupan vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit kamu.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Manfaat ketiga adalah mengurangi tekanan darah. Hal ini karena melon merupakan buah yang rendah sodium dan kaya potasium, sehingga dapat membantu kamu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

4. Mengontrol Gula Darah

Manfaat berikutnya adalah mengontrol gula darah. Buat kamu yang mempunyai gula darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengomsumsi melon. Pasalnya melon mampu mengontrol gula darah karena mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan mencegah diabetes.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kelima adalah melancarkan sistem pencernaan. Buah kamu yang sering mengalami masalah pencernaan kamu sangat dianjurkan untuk mengomsumsi buah melon, karena melon mengandung serat dan nutrisi yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat keenam adalah menjaga kesehatan mata. Melon mengandung dua antioksidan kuat yaitu lutein dan zeaxanthin.

Senyawa karotenoi dalam melon ini terkenal untuk mendukung kesehatan mata dan mencegah perkembangan kehilangan penglihatan terkait usia.

7. Meningkatkan Imunitas

Manfaat terakhir adalah meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan bitamin C dalam melon bisa dibilang paling dikenal karena perannya dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Nah sahabat blog, itulah beberapa manfaat buah melon yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar