5 Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Hai sahabat, mungkin sudah tak asing ya bagi kamu dengan buah langsat. Buah langsat adalah salah satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia.

Tak hanya lezat, buah yang mirip dengan duku ini juga menyegarkan loh. Selain itu, langsat juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Lantas, apa saja sih manfaat buah langsat? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Manfaat Buah Langsat

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat pertama adalah membantu mengontrol berat badan. Buah ini dapat menjadi salah satu buah pilihan untuk dikomsumsi saat sedang melakukan program diet. Buah ini mengandung serat yang tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol sehingga baik untuk diet.

Namun, jika ingin mendapatkan manfaat buah langsat untuk menurunkan berat badan, harus perhatikan jumlah kalori yang kamu konsumsi. Hal ini karena dalam 100 gram langsat mengandung kurang lebih 57 kilo kalori, lebih rendah dibandingkan dengan buah duku.

2. Menyembuhkan Sakit Malaria

Manfaat selanjutnya adalah untuk menyembuhkan sakit malaria. Penyakit malaria adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Gigitan nyamuk penyebab malaria ini adalah nyamuk yang sudah terinfeksi parasite plasmodium. Sehingga ketika menggigit manusia, parasite di dalam tubuh nyamuk akan terbawa masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan.

Jika dengan obat biasa tidak bisa dan mungkin kamu juga mengkhawatirkan efek sampingnya, kamu bisa menggunakan kulit dari pohon buah langsat. Beberapa penelitian pun sudah membuktikan keampuhan tanaman buah langsat dalam mengobati malaria.

3. Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat yang ketiga adalah untuk mengontrol kadar kolestrol. Hal ini karena langsat mengandung lemak jenuh maupun kolesterol, bahkan langsat dipercaya dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makanan dengan kadar serat tinggi, terutama serat larut air, efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat ini akan menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

4. Membantu menjaga metabolisme tubuh

Manfaat berikutnya adalah membantu menjaga metabolisme tubuh. Buah langsat merupakan sumber vitamin B kompleks mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, hingga folat.

Vitamin B kompleks memiliki peran dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Selain itu, kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi dalam buah langsat juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik.

5. Mencerahkan kulit

Manfaat terakhir adalah untuk mencerahkan kulit. Manfaat buah langsat untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagikarena beberapa produk perawatan kecantikan bahkan menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya.

Skincare dengan kandungan buah langsat ini dipercaya dapat membantu mencerahkan dan juga melembapkan kulit. Selain itu, langsat juga dipercaya mampu untuk mencegah penuaan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Nah sahabat, itulah beberapa manfaat buah langsat yang perlu kamu ketahui. Tetap jaga kesehatan ya bestie.

Posting Komentar

0 Komentar