Yuk Ketahui Manfaat Terong Belanda Bagi Kesehatan

Hai sahabat, mungkin sudah tak asing ya bagi kamu dengan buah terong belanda. Terong belanda merupakan salah satu buah yang dipercaya menguntungkan kesehatan, sebab kandungannya yang kaya vitamin.

Buah ini sebenarnya tidak berasal dari Belanda, melainkan dari Amerika Selatan tepatnya di pegunungan Andes, Peru. Hal yang membuatnya disebut terong belanda oleh masyarakat Indonesia adalah karena buah ini dibawa oleh orang-orang Belanda saat zaman kolonial ratusan tahun silam.

Terong belanda pun lebih sering diolah menjadi jus dengan campuran gula dan susu kental manis. Namun, terong belanda bisa juga dijadikan selai, sirup, atau campuran salad. Kandungan gizi dalam terong belanda juga sangat baik untuk kesehatan, sehingga bagus untuk dikonsumsi siapa saja.

Dalam setiap 100 gram terong belanda terdapat 85 gram air, 1,5 gram protein, 0,006-1,28 gram lemak, 10 gram karbohidrat, 1,4-4,2 gram serat, vitamin A, dan vitamin C. Buah ini juga mengandung flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan untuk melawan beragam penyakit kronis.

Lantas, apa saja sih manfaat terong belanda bagi kesehatan? Penasaran kan? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat yang pertama adalah mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Kandungan mineral dan potasium dalam terong belanda dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Selain itu, karotenoid dalam buah ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, yang terkait dengan tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat yang kedua adalah mengurangi risiko kanker. Dalam sebuah penelitian di The Malaysian Journal of Medical Sciences: MJMS, menemukan bahwa terong belanda efektif dalam mencegah dua jenis kanker, yaitu kanker payudara dan kanker hati.

Terong belanda adalah buah kaya antioksidan serta mengandung sejumlah kalium yang dapat memulihkan fungsi hati. Sifat antioksidan terong belanda dapat mengurangi oksidasi organ di hati, yang meningkatkan kesehatan hati dan memulihkan kerusakan hati.

3. Meningkatkan Proses Metabolisme

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan proses metabolisme. Tubuh sehat yang berfungsi dengan baik merupakan hasil dari aktivitas metabolisme tubuh yang baik di dalam tubuh.

Vitamin B6 yang ada pada buah ini mampu membantu produksi energi. Ini membantu mengubah kalori menjadi energi yang bermanfaat, sehingga membatasi penambahan berat badan yang berlebihan juga.

Vitamin juga berkontribusi untuk meningkatkan metabolisme hemoglobin yang ada di dalam tubuh, sehingga memudahkan pengangkutan darah.

4. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat keempat adalah menjaga sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi terong belanda secara rutin dapat membantu sistem pencernaa menjadi sehat, karena buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi.

Tak hanya itu, terong belanda juga dapat  membantu penyerapan nutrisi yang tepat, dan meredakan sembelit. Hal ini membantu mendorong pertumbuhan bakteri baik, sehingga dengan demikian dapat mendorong pencernaan dan pergerakan usus yang lebih baik.

5. Meningkatkan Kualitas Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah terong belanda mengandung vitamin A, C dan E yang sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kulit kamu.

Selain itu, antosianin, fenol, dan flavonoid yang ada dalam buah bertindak sebagai perisai pelindung terhadap polutan eksternal. Ini juga melindungi kulit kamu dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan keriput, noda hitam, jerawat dan komedo.

Pastinya, efek ini juga perlu dibantu dengan pola hidup sehat lainnya, seperti beristirahat cukup, berolahraga, dan rajin minum air putih.

Nah sahabat blog, itulah beberapa manfaat terong belanda yang perlu kamu ketahui. Tetap jaga kesehatan ya bestie.

Posting Komentar

0 Komentar