Deretan Buah yang Baik untuk Darah Rendah

Hallo sahabat, siapa nih dari kamu penderita darah rendah? Tekanan darah rendah merupakan kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah sebesar 90/60 mm Hg atau bahkan lebih rendah dari angka normal. Beberapa tanda seseorang menderita darah rendah yakni pusing, tidak seimbang ketika berdiri, pandangan kabur, lemas, hingga mual dan muntah.

Pada orang dengan kondisi tubuh yang tidak memiliki penyakit bawaan lainnya, tekanan darah rendah tanpa gejala biasanya tidak berbahaya dan tak perlu diobati. Akan tetapi, pada beberapa orang lainnya, tekanan darah rendah dapat menyebabkan pingsan hingga mengancam jiwa. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari dehidrasi hingga kurangnya asupan nutrisi tertentu, seperti folat.

Untuk itu, penderita darah rendah dianjurkan untuk mengubah pola hidup agar tekanan darah dapat kembali normal. Caranya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari dan menerapkan pola makan sehat, salah satunya mengonsumsi buah untuk darah rendah.

Lantas, apa saja sih buah yang baik untuk darah rendah? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan kami di bawah ini!

Buah yang Baik untuk Darah Rendah

1. Stroberi

Buah pertama adalah stroberi. Penderita darah rendah perlu meningkatkan konsumsi buah yang mengandung air dan folat. Karena itu, stroberi menjadi salah satu buah yang mengandung air dan folat yang cukup tinggi, sehingga konsumsinya dapat menaikkan tekanan darah.

Kandungan air di dalam stroberi adalah 91%, sedangkan kandungan folatnya sekitar 69-170 mcg di dalam setiap 100gram stroberi. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, darah rendah bisa disebabkan oleh dehidrasi dan kurangnya asupan nutrisi seperti folat. Jadi, buah yang bisa mengatasi darah rendah adalah buah yang mengandung air atau folat yang tinggi.

2. Jeruk

Buah selanjutnya adalah jeruk. Jeruk menjadi salah satu pilihan buah untuk darah rendah karena di dalamnya mengandung folat yang cukup tinggi. Folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.

Pasalnya, kekurangan darah merah atau anemia bisa saja memicu tekanan darah rendah sehingga konsumsi jeruk dipercaya mampu meminimalkan terjadinya hipotensi.

3. Zaitun

Buah ketiga adala zaitun. Buah zaitun termasuk dalam golongan buah yang dapat menaikkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Manfaat buah zaitun ini berasal dari kadar sodium atau garam yang tinggi.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa konsumsi buah zaitun tetap harus dibatasi. Ini karena konsumsi makanan tinggi garam secara berlebih bisa membuat tekanan darah melonjak, sehingga berisiko menyebabkan hipertensi atau darah tinggi.

4. Pepaya

Buah berikutnya adalah pepaya. Pepaya juga mengandung folat yang cukup tinggi. Dalam 1 cangkir atau 140gram pepaya, terkandung sekitar 53 mcg folat. Dengan begitu, konsumsi buah ini bisa memenuhi kebutuhan folat harian yang baik untuk mengontrol tekanan darah.

5. Semangka

Buah terakhir adalah semangka. Kekurangan cairan bisa menyebabkan volume darah dalam tubuh berkurang, sehingga berdampak pada menurunnnya tekanan darah. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup dan makan buah dengan kandungan air yang tinggi, salah satunya semangka.

Semangka mengandung 92% air dari total komponen di dalamnya dan juga nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buah yang baik untuk darah rendah. Tetap jaga kesehatan ya sahabat.

Posting Komentar

0 Komentar