Daftar Buah yang Memiliki Serat Tinggi

Hai sahabat blog, bagaimana nih kabar kamu? Semoga sehat selalu, ya. Apakah kamu tahu, pilihan makanan berserat bisa didapatkan secara alami dari sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat tersebut penting dikonsumsi agar proses pencernaan bisa berjalan dengan baik dan kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Terdapat dua jenis serat, yaitu yang larut dan tidak larut. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda di dalam tubuh, sehingga penting bagi kita untuk mengonsumsi beragam makanan yang mengandung serat tinggi.

Lantas, apa saja sih buah yang banyak mengandung serat? Penasaran? Berikut daftar beberapa buah yang mengandung banyak serat!

1. Markisa

Buah tinggi serat yang pertama adalah markisa. Buah markisa memiliki kulit kuning atau ungu yang tebal dan biji kuning, berdaging, dan memiliki rasa manis namun asam. Buah tropis ini rendah kalori dan lemak tetapi tinggi vitamin C dan merupakan salah satu serat tertinggi, di mana kandungan seratnya 24gram dalam satu cangkir.

2. Raspberry

Buah selanjutnya adalah raspberry. Raspberry merupakan buah berserat tinggi, dengan kandungan delapan gram hanya dalam satu cangkir. Warna merah cerahnya sebagian berkat antioksidan yang disebut anthocyanin.

Berry kecil ini juga mengandung fitonutrien lain, seperti flavanol, procyanidins, dan ellagitannins, yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu, penyakit jantung, hipertensi, dan osteoporosis.

3. Jambu Biji

Buah ketiga adalah jambu biji. Selain menjadi salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi yaitu sembilan gram per cangkir, jambu biji juga merupakan sumber folat, potasium, serta vitamin A dan C yang baik. apel, dan biji di dalamnya juga bisa dimakan.

4. Alpukat

Buah dengan serat tinggi berikutnya adalah alpukat. Alpukat adalah buah yang unik karena mengandung lemak mono dan tak jenuh ganda yang sehat. Nutrisi lain dari buah ini adalah kandungan lima gram seratnya hanya dalam setengah buah alpukat. Dan buahnya, secara umum, merupakan sumber asam pantotenat, folat, vitamin K, dan tembaga yang baik. Alpukat mendapatkan warna hijaunya dari dua antioksidan, lutein, dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata.

5. Pisang

Buah terakhir adalah pisang. Terkenal dengan penawaran potasiumnya, pisang juga mengandung serat, yang menyediakan tiga gram per buah berukuran sedang. Mereka adalah makanan ringan yang sempurna untuk Anda yang aktif secara fisik. Ini karena pisang adalah sumber karbohidrat yang baik, biasanya enak di perut, dan potasiumnya dapat membantu mencegah kram otot.

Itulah beberapa buah yang memiliki serta tinggi yang perlu kamu ketahui. Bukan hanya buah di atas, masih ada banyak buah lainnya yang juga mengandung serta tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar