5 Rekomendasi Buah yang Bagus untuk MPASI 6 Bulan

Hai mom’s, apakah si kecil bentar lagi berusia 6 bulan? Jika iya, artinya mom’s harus siap-siap memberikannya makanan pendamping alias MPASI, ya. Buah untuk bayi menjadi salah satu pertimbangan yang paling penting untuk asupan hariannya, loh.

Meski begitu, nggak semua jenis buah yang cocok untuk anak usia 6 bulan. Kamu juga perlu memperhatikan kepadatan tekstur yang tepat. Buah dapat dihaluskan terlebih dahulu atau dijadikan finger food, yang ukurannya pas di tangan si kecil. Agar tidak salah, berikut rekomendasi buah untuk anak 6 bulan.

Rekomendasi Buah untuk Bayi 6 Bulan

1. Alpukat

Rekomendasi buah yang pertama adalah alpukat. Alpukat merupakan buah yang menjadi sumber lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E yang dibutuhkan bayi dalam mendukung perkembangannya.

Mom’s dapat mengolah ½ buah alpukat matang, kupas dan buang bijinya. Kemudian ambil daging buah alpukat dan haluskan menggunakan garpu, blender, atau food processor. MPASI alpukat yang lezat siap disajikan untuk Si Kecil.

2. Pisang

Buah kedua adalah pisang. Penyajian MPASI pisang sangat mudah karena Mama tidak perlu memasaknya. Selain itu buah pisang memiliki jumlah energi yang besar untuk dukung pertumbuhan Si Kecil.

Ambil 1 buah pisang matang, kupas dan potong kecil-kecil. Haluskan pisang, kemudian tambahkan sedikit ASI atau air untuk membuat tekstur MPASI menjadi encer. Segera sajikan MPASI pada bayi Mama.

3. Apel

Rekomendasi buah ketiga adalah apel. Buah ini mudah dicerna dan tidak menyebabkan alergi. Pertama-tama, Mama perlu menyiapkan ½ apel, kupas, dan cuci. Lalu masak apel dengan cara dikukus menggunakan steamer atau masak menggunakan metode tim.

Kemudian haluskan apel menggunakan food processor atau garpu. Mama bisa menambahkan ASI dan sejumput kayu manis untuk menambah aroma.

4. Kiwi

Rekomendasi buah selanjutnya adalah kiwi. Kiwi kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Mama bisa memberikan MPASI buah kiwi untuk bayi 6 bulan. Ambil 1 buah kiwi, kupas, dan haluskan. MPASI buah kiwi pun siap untuk disajikan pada Si Kecil tanpa perlu dimasak atau dibuang bijinya.

Namun karena memiliki rasa asam, terkadang kiwi dapat menyebabkan alergi pada anak. Maka Mama perlu memperhatikan tanda-tanda alergi atau melakukan konsultasi dengan dokter.

5. Pepaya

Rekomendasi buah terakhir adalah pepaya. Buah ini memiliki rasa manis yang alami. Belum lagi kandungan folat, serat, vitamin A, C, dan E di dalam pepaya yang cukup tinggi.

Mom’s dapat memilih pepaya matang dengan warna oranye. Cuci pepaya dengan menggunakan campuran cuka dan air untuk menghilangkan bakteri. Bilas dengan menggunakan air bersih mengalir lalu keringkan.

Selanjutnya kupas dan potong pepaya, hilangkan bijinya, lalu cuci kembali. Potong-potong pepaya, haluskan, dan jadilah MPASI pepaya. Mama dapat menambahkan air untuk membuat MPASI dengan tekstur kekentalan yang diinginkan.

Nah sobat blog, itulah rekomendasi buah yang cocok untuk MPASI.

Posting Komentar

0 Komentar