Deretan Buah dan Sayuran yang Dilarang untuk Bayi 6 Bulan

Hallo Bunda, seperti yang kita tahu bayi yang berusia 6 bulan dianggap sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) karena beberapa refleks bayi sudah lebih terorganisir dibandingkan bulan-bulan awal kelahirannya.

Pada usia tersebut, bayi sudah dapat menyangga kepalanya dengan baik, duduk dengan tegak, dan refleks menggerakkan lidahnya untuk mencegah benda asing masuk ke dalam mulutnya juga sudah menghilang.

Namun demikian, terdapat beberapa makanan, bahkan buah dan sayuran yang dilarang dikomsumsi oleh bayi 6 bulan, loh. Lantas, apa saja sih buah dan sayuran yang dilarang tersebut? Penasaran kan? Yuk, ikuti penjelasan kami di bawah ini!

1. Anggur

Buah pertama adalah Anggur. Anggur dianggap menjadi salah satu buah yang dapat menyebabkan bayi kesedak karena kulit, ukuran, dan kekencangan buah ini.

Tak hanya itu, anggur juga mengandung gula yang tinggi karena jika suka mengomsumsoi makanan tinggi gula sejak kecil, dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

2. Berries/Buah sitrus

Buah selanjutnya adalah Berries/Buah sitrus. Buah ini memiliki kadar asam dan vitamin C yang tinggi yang dapat menyebabkan perut rapuh dan bahkan menyebabkan ruam di area popok. Saran yang bagus adalah menunggu sekitar satu tahun, atau mungkin jus buah-buahan dan encerkan dengan baik untuk mencegah reaksi alergi atau sakit perut.

3. Bayam

Sayur yang dilarang untuk bayi yaitu bayam. Mungkin yang kita tahu, bayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, namun tidak untuk bayi di bawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan yang cukup tinggi sehingga rentan rusak ketika penyimpanannya yang terlalu lama atau kurang tepat.

Oleh karena itu, apabila ini diberikan pada bayi, mungkin bayi akan mengalami keracunan atau alergi. Untuk itu apabila ingin memberikan bayam, sebaiknya berikan ketika bayi sudah berusia diatas 8 bulan.

4. Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya orang gunakan sebagai campuran sayuran, lalapan, atau sup. Jenis kubis yang sering kita jumpai adalah berwarna putih, hijau atau merah.

Kubis memang banyak mengandung gizi baik bagi tubuh, namun apabila diberikan kepada bayi dibawah 8 bulan akan berdampak pada sistem pencernaannya karena usia bayi dibawah 8 bulan belum mampu untuk mencerna sayuran kubis.

Efek samping kubis jika dikonsumsi secara berlebihan sebagai MPASI ini akan menyebabkan bayi diare, alergi, mempengaruhi perkembangan bayi serta dapat menyebabkan sindrom bayi biru.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan salah satu kacang-kacangan yang mengandung banyak sekali nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh, nutrisi tersebut dimulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi.

Namun, kacang hijau memiliki efek samping bahkan menyebabkan penyakit serius apabila dikonsumsi berlebih terutama oleh bayi 6 bulan.

Sejumlah kandungan yang terdapat pada kacang hijau ternyata sangat sulit dicerna tubuh bayi tetapi masih bisa melewati sistem pencernaan, hal inilah yang ternyata memicu adanya gas dalam perut sehingga perut bayi menjadi kembung.

Nah sobat, itulah beberapa buah dan sayur-sayuran yang dilarang untuk bayi 6 bulan. Jangan sampai salah ya bunda.

Posting Komentar

0 Komentar