5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Diare

Hai sahabat blog, bagaimana nih kabar kamu? Siapa nih dari kamu penderita diare? Diare adalah gangguan yang berhubungan dengan buang air besar lebih dari tiga kali atau terlalu encer dalam satu atau beberapa hari. Gangguan ini dapat disebabkan oleh banyak hal dan yang paling umum terjadi adalah pengaruh dari makanan yang dikonsumsi.

Saat mengalami penyakit tersebut, banyak nutrisi di dalam tubuh yang hilang sehingga butuh asupan baru. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi makanan yang selain dapat memenuhi hilangnya nutrisi di dalam tubuh, pastikan juga makanan tersebut untuk mengobati diare. Salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi saat diare adalah buah-buahan.

Beberapa buah dapat membantu sistem pencernaan kembali menjadi normal. Meski begitu, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat memperparah diare. Untuk itu, kamu harus tahu jenis buat apa saja yang ampuh untuk obati diare. Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Pisang

Buah pertama yang bagus untuk dikomsumsi saat diare adalah pisang. Rasanya yang hambar dan mudah untuk dicerna dapat membantu tubuh untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, buah pisang juga merupakan sumber potasium, yaitu suatu kandungan elektrolit penting yang dapat hilang saat seseorang mengalami diare.

2. Kelapa

Buah selanjutnya adalah kelapa. Buah kelapa dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Air kelapa mengandung elektrolit yang tinggi sehingga mampu mengganti elektrolit yang hilang saat diare.

Namun, konsumsi air kelapa sebaiknya diiringi dengan minum air putih yang banyak. Pasalnya, minum air kelapa terlalu banyak bisa memicu perut kembung dan memperburuk diare.

3. Alpukat

Buah ketiga adalah alpukat. Alpukat dikenal sebagai buah yang baik dikonsumsi karena mengandung kalium untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang. Tekstur alpukat yang lembut juga mudah dicerna usus.

4. Semangka

Buah berikutnya adalah semangka. Kandungan air yang tinggi dalam semangka dipercaya dapat mengembalikan cairan yang hilang akibat diare. Selain itu, teksturnya yang renyah dan lembut sangat mudah dicerna oleh usus.

Meski umumnya aman, buah untuk diare di atas hanya disarankan untuk orang dewasa. Sementara itu, penanganan diare untuk bayi maupun anak-anak akan berbeda, terutama jika mengalami dehidrasi.

5. Apel

Buah terakhir adalah apel. Buah apel dipercaya dapat dapat mengatasi gangguan pencernaan. Namun, kamu dianjurkan untuk memilih apel merah dibandingkan apel hijau yang umumnya lebih asam.

Sebelum mengomsumsi buah apel selama diare, sebaiknya kupas kulitnya dan olah apel menjadi puree atau bubur terlebih dahulu. Hal ini karena bagian kulit apel tinggi akan serat tidak larut yang bila dikonsumsi bisa memperberat kerja sistem pencernaan.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buah yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diare. Jangan sampai salah ya.

Posting Komentar

0 Komentar