Deretan Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Hai sobat blog, tahukah kamu ternyata ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil?  Tidak bisa dipungkiri, selama masa kehamilan, kamu harus banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin. Hal ini agar Si Kecil dalam kandungan dapat tumbuh dengan optimal.

Namun, tidak semua makanan atau minuman, bahkan buah-buahan, boleh dikonsumsi selama kehamilan, loh.

Lalu, apa saja sih buah yang dilarang untuk ibu hamil atau sebaiknya dihindari? Dan apa pula alasannya? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

1. Nanas

Buah pertama yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil adalah nanas. Nanas dipercaya menjadi buah yang sangat berisiko terhadap ibu hamil karena kandungan bromelain di dalamnya dapat memecah protein.

Bromelain dapat melunakkan serviks (leher rahim) yang merupakan bagian ujung rahim yang menyempit dengan ujung inferior (bawah) mengarah ke vagina pada sistem reproduksi wanita. Dapat dikatakan, serviks adalah penghubung mulut rahim dengan vagina. Jika serviks menjadi lunak karena buah nanas, dapat mengakibatkan persalinan dini atau keguguran.

2. Durian

Buah kedua yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil adalah durian. Durian jadi salah satu buah yang dianggap ‘haram’ dimakan selama kehamilan. Pasalnya, dugaan ini mengarah pada kandungan di dalam durian yang bisa membahayakan janin.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan efek negatif dari ibu hamil makan durian. Demikian pula, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil makan durian itu tidak masalah.

Sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba membuatnya menjadi taruhan yang aman bagi wanita selama kehamilan.

3. Anggur

Buah ketiga yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil adalah anggur. Alasannya karena anggur memiliki kandungan resveratrol yang mampu membuat hormon tidak stabil. Resveratrol adalah senyawa yang merupakan bagian dari antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah.

Seperti yang Moms tahu, masa hamil adalah masa yang cukup sensitif bagi wanita karena adanya perubahan hormon-hormon tertentu, salah satunya progesteron. Dengan mengonsumsi anggur, hormon akan semakin tidak stabil.

4. Melon

Buah keempat yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil adalah melon. Melon yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah melon jenis cantaloupe dan melon merah.

Buah melon jenis ini dapat menyebabkan kelahiran prematur hingga cacat karena kulit luarnya bisa saja tercemar bakteri. Salah satu bakterinya adalah bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH atau Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV).

5. Nangka

Buah terakhir yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil adalah nangka. Hal ini dikarenakan buah nangka mengandung flavonoid, sterol, dan prenilflavon yang mungkin bertanggung jawab atas berbagai sifat farmakologis.

Selain itu, alasan nangka menjadi buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil karena mengandung senyawa yang bisa membuat perut terasa panas. Rasa panas ini timbul karena lambung yang iritasi akibat produksi asam lambung yang meningkat.

Nah sobat blog, itulah beberapa buah yang dilarang dikomsumsi oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar