4 Buah yang Tidak Disarankan Untuk Penderita Asam Lambung

 


Seperti yang kita ketahui, buah adalah salah satu makanan yang memiliki banyak sekali nutrisi baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan, kita juga disarankan untuk mengonsumsi buah setiap harinya guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Meski demikian, terkadang buah malah memberikan kita suatu “masalah” Kesehatan. Mengapa demikian? Jika kamu adalah penderita asam lambung, maka kamu perlu memerhatikan buah yang masuk ke dalam perut kamu terlebih jika sedang kambuh.

Penyakit asam lambung sendiri adalah salah satu penyakit yang kerap dialami banyak orang, terlebih masyarakat Indonesia. Penyakit ini terjadi karena asam lambung bergerak ke kerongkongan dan memicu berbagai gejala dalam tubuh, seperti nyeri ulu hati, sulit menelan, maag, mual, kembung, dan lain sebagainya.

Hal itu membuat, para penderita penyakit ini tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu, termasuk buah yang dapat memicu semakin naiknya asam lambung.

Untuk itu, di bawah ini kami akan memberikan daftar buah yang tidak cocok dan sebaiknya dihindari oleh para penderita asam lambung. Diharapkan untuk seluruh penderita penyakit ini agar menerapkannya guna memperbaiki gejala dari asam lambung.

1. Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tertinggi. Buah sejenisnya juga seperti jeruk nipis, lemon, dan lainnya juga dikenal kaya akan vitamin C. Meski buah ini cocok dijadikan sebagai salah satu buah di dalam resep Japanese Fruit Sando, namun rasa asam yang dimiliki jeruk kurang sesuai untuk penderita asam lambung.

Bahkan, buah ini malah akan memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati. Untuk itu, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi buah ini saat penyakit kamu kambuh.

2. Tomat

Buah selanjutnya yang sebaiknya dihindari saat asam lambung menyerang adalah tomat dan berbagai olahannya. Buah ini juga memiliki kadar keasaman yang tinggi dan dapat mengiritasi lapisan dinding lambung serta kerongkongan, jika penyakit ini tengah kambuh.

3. Apel Hijau

Selain jeruk dan tomat, apel hijau juga adalah salah satu buah yang perlu dijauhi saat asam lambung menyerang. Buah ini dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta beresiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung, karena tigkat keasaman yang dimiliki lebih tinggi dibandingkan apel merah.

4. Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang terkenal asam. Untuk itu, para penderita asam lambung juga diminta untuk menghindari buah yang satu ini. Sebab, kandungan pH yang dimiliki oleh buah ini sekitar 3-4.

Selain itu, tidak jarang beberapa penderita asam lambung juga kerap merasakan sakit perut dan maag setelah mengonsumsi nanas asam.

Itulah beberapa buah yang dianjurkan untuk dijauhi oleh para penderita asam lambung. Meski beberapa buah itu kurang cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami penyakit ini, namun ada banyak buah yang cocok untuk para penderita asam lambung. Bahkan, kamu juga dapat mengonsumsi buah yang mengandung Protein tinggi guna menghindari asam lambung kambuh.

Untuk mengetahui buah apa sajakah itu, tetap simak ulasan menarik kami yang lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar