Deretan Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa (gula darah). Kondisi kadar gula yang tinggi bagi penderita diabetes membuatnya memiliki berbagai pantangan makanan yang harus dihindari, salah satunya adalah buah. Ada beberapa buah yang harus dihindari penderita diabetes demi menjaga kestabilan kadar gula darah.

Penderita diabetes harus mengontrol setiap asupan gula untuk menghindari lonjakan glukosa pada tubuh. Diabetes yang tidak dikontrol ini akan memiliki konsekuensi serius pada tubuh seperti penyakit jantung, ginjal, kebutaan, dan lain sebagainya.

Lantas, buah apa saja sih yang tidak boleh dikomsumsi oleh penderita diabetes? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Mangga

Buah pertama adalah mangga. Mangga kerap disebut-sebut sebagai salah satu buah dengan kandungan gula tertinggi. Bagi penderita diabetes jelas perlu mengurangi konsumsi buah satu ini.

Dalam 100 gram penyajian buah mangga, terdapat karbohidrat sebanyak 15 gram dan gula sebanyak 13,7 gram. Inilah alasan mengapa mangga menjadi salah satu pantangan buah untuk penderita diabetes.

2. Pisang

Buah kedua selanjutnya adalah pisang. Buah yang umum dijadikan bahan smoothies ini merupakan salah satu buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Pada keadaan matang, pisang mengandung 23 gram karbohidrat. Jika dimakan dalam porsi yang cukup, pisang aman untuk para diabetesi.

Namun sebaliknya, dalam jumlah yang berlebihan, pisang kurang aman untuk penderi diabetes. Maka dari itu, perlu adanya batasan konsumsi pisang menjadi setengah potong saja setiap makan.

3. Apel

Buah ketiga adalah apel. Salah satu buah yang sering menjadi bahan utama salad dan jus ini juga termasuk buah yang memiliki kadar karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Dalam 100 gram, apel mengandung karbohidrat sebanyak 14,8 gram dan gula sebanyak 12,2 gram. Sehingga apel termasuk ke dalam buah pantangan penderita diabetes untuk dimakan secara berlebihan.

4. Semangka

Buah berikutnya adalah semangka. Buah ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, yaitu ada di angka 72. Disarankan untuk membatasi konsumsi semangka menjadi satu atau dua potong ukuran sedang saja setiap kali makan.

5. Nanas

Buah terakhir adalah nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung sekitar 16 gram gula setiap 100 gram. Seseorang dapat mengurangi ukuran porsi dengan nanas yang dipotong dadu.

Nah sobat blog, itulah beberapa buah yang tidak boleh dikomsumsi oleh penderita diabetes. Jaga kesehatan ya.

Posting Komentar

0 Komentar