5 Buah Bercun yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Hallo sobat blog, siapa nih dari kamu yang suka mengomsumsi buah? Seperti yang kita tahu, buah merupakan salah satu jenis makanan yang dianggap sehat. Namun sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat.

Pasalnya, terdapat beberapa jenis buah yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, khususnya jika dikonsumsi sembarangan.

Secara garis besar, buah mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi jenis buah yang tepat dan pada porsi yang sesuai, tentu saja kamu bisa merasakan manfaat sehatnya.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Dengan kata lain, jika kamu mengonsumsi buah secara sembarangan atau berlebihan, justru yang akan terjadi adalah kerugian bagi kesehatan.

Lantas, apa saja sih buah yang tidak boleh beracun atau tidak boleh dikomsumsi sembarangan? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Buah yang Berbahaya bagi Kesehatan

1. Elderberry

Buah yang pertama adalah elderberry. Hal ini dikarenakan bagian akar, daun, dan batang buah elderberry mengandung racun glikosida yang memiliki efek samping diare, muntah, koma, hingga kematian bagi orang yang mengkonsumsinya. Glikosida sendiri adalah senyawa yang menjadi awal terbentuknya sianida.

2. Buah bintaro

Buah kedua adalah bintaro. Bintaro merupakan buah berbahaya yang tidak boleh dimakan sama sekali. Buah yang juga dikenal sebagai mangga laut (sea mango) ini banyak digunakan untuk mengusir tikus.

Buah bintaro yang belum matang mengandung asam hidrosianat dengan kadar tinggi dan sangat beracun.

3. Jambu mete

Buah ketiga adalah jambu mete (jambu monyet). Buah mete memang bukanlah buah beracun. Akan tetapi, kacang mete di dalamnya tidak boleh langsung dimakan secara mentah.

Kacang mete memiliki kandungan senyawa urushiol yang beracun. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kacang ini bahkan bisa mematikan.

4. Ceri

Buah keempat adalah ceri. Buah ini dianggap beracun karena mengandung hidrogen sianida yang bisa menyebabkan keracunan sianida ringan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Keracunan ini dapat menyebabkan kamu mengalami sejumlah gejala, seperti sakit kepala, pusing, kebingungan, dan muntah. Dalam jumlah lebih besar, sianida dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, menyebabkan sesak napas, hingga gagal ginjal.

5. Buah Jarak

Buah terakhir adalah buah jarak. Daun dan getah tanaman jarak telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meringankan berbagai gangguan kesehatan. Namun, tahukah kamu jika buah jarak termasuk buah yang beracun dan tidak boleh dimakan?

Buah jarak memiliki kandungan toxalbumin yang bernama curcin, ricin, dan asam sianat, yang berhubungan dengan asam ricinoleic. Kandungan ini dapat berbahaya bagi jantung dan pembuluh darah kamu.

Dosis toksik buah jarak memang tidak diketahui, namum mengonsumsinya dalam keadaan mentah dan jumlah besar dapat membahayakan tubuh, termasuk mengakibatkan kerusakan ginjal.

Kandungan racun yang paling tinggi terdapat pada biji jarak. Jika biji ini tertelan, kamu dapat mengalami muntah, diare, sakit perut, rasa terbakar di tenggorokan, hingga depresi. Gejala ini dapat muncul 15 menit hingga setengah jam setelah menelannya.

Nah sobat blog, itulah beberapa buah yang memiliki kandungan racun. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar