10 Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Program Diet

Hai sobat blog, siapa nih dari kamu yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal? Mungkin bukan cuma kamu saja ya tapi semua orang berkeinginan seperti ini.

Nah, jika kamu ingin memiliki tubuh sehat, hal yang paling utama harus kamu perhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Ada banyak jenis bahan makanan yang cocok untuk diet, salah satunya adalah buah-buahan.

Selain mengkonsumsi buah-buahan, olahraga juga menjadi bagian penting dalam program diet agar penurunan berat badan menjadi lebih cepat dan efektif. 

Namun, perlu kamu ketahui setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah-buahan sebagai salah satu makanan utama saat diet.

Lantas, apa saja sih buah yang cocok dikomsumsi saat diet? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

1. Apel

Apel adalah buah terbaik untuk diet karena mengandung 80-125 kalori. Penelitian dari Obesity Reviews menemukan bahkwa asam ursolat pada kulit apel sangat berguna untuk membakar kalori.

2. Wortel

Wortel adalah sayuran padat nutrisi, mengandung banyak vitamin A dan karotenoid sehat lainnya. Mengonsumsi wortel juga dapat membantu meningkatkan asupan serat kamu agar selalu terasa kenyang dan membantu mengatur nafsu makan kamu.

3. Berries

Jenis buah berry seperti raspberry dan blueberry memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut bermanfaat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga membantu tubuh makan lebih sedikit.

4. Jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serabut putih pada jeruk mengandung pektin yang berfungsi mengontrol gula darah.

5. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar.

6. Pisang

Pisang telah banyak dikenal sebagai buah yang bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan serat, antioksidan, kalium, magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B6, serta vitamin C. Dengan mengonsumsi satu buah pisang, Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu program penurunan berat badan yang sehat.

7. Kiwi

Kiwi memiliki konsentrasi nutrisi yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk penurunan berat badan. Buah ini kaya akan serat, vitamin E, vitamin C, dan folat. Maka dari itu, kiwi termasuk buah untuk diet yang sangat baik dikonsumsi. Buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi tekanan darah. Kiwi dapat diolah menjadi smoothie atau jus dan bahkan dibuat menjadi salad buah.

8. Melon

Melon juga termasuk buah rendah kalori. Melon juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa memenuhi asupan cairan tubuh untuk mencegah dehidrasi selama menjalani diet.

9. Pepaya

Buah pepaya mengandung 39 kalori yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi pepaya setiap hari dapat membuat tubuh kamu lebih berenergi sehingga kamu akan merasa tidak mudah lapar.
Tak hanya itu, pepaya juga kaya akan vitamin C, karoten, dan flavonoid. Untuk yang memiliki masalah pencernaan, buah ini akan sangat membantu membuat saluran pencernaan kamu lancar. Lemak yang tertimbun jadi mudah terbuang dan berat badan kamu akan lebih cepat turun.

10. Nanas

Nanas memang sangat enak untuk dirujak, tetapi untuk urusan diet, sebaiknya jangan memakan nanas dengan gula merah ya. Rasa asam dan manis pada nanas, akan memicu pembakaran lemak. Kandungan gula alaminya juga bisa membuat tubuh kamu jadi lebih berenergi.

Nah sobat blog, itulah beberapa buah-buahan yang cocok kamu konsumsi saat sedang melakukan program diet. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar