Rambutan: Klasifikasi, Nutrisi dan Manfaatnya untuk Tubuh

 


Indonesia dikenal dengan negara tropis yang memungkinkan berbagai macam buah-buahan dapat hidup di negara kita ini, salah satunya adalah rambutan.

Rambutan adalah salah satu tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Buah ini berasal dari kepulauan yang ada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kata rambutan sendiri berasal dari bahasa Indonesia, yang berakar dari kata “rambut” karena bentuk kulit buahnya yang menyerupai rambut.

Umumnya buah ini bisa kita temui di berbagai negara tropis, seperti Afrika, Kamboja, Amerika Tengah, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan negara-negara tropis lainnya.

Klasifikasi Rambutan

Klasifikasi ilmiah rambutan :

Kingdom: Plantae

Devisi: Spermatophyta

Class: Magnoliopsida

Ordo: Sapindales

Famili: Sapindaceae

Genus: Nephelium

Spesies: Nephelium lappaceum L.

Manfaat Buah Rambutan

Buah yang terkenal dengan banyaknya kandungan air di dalamnya ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Tidak hanya mudah di dapatkan, kamu juga dapat memanfaatkan rambutan sebagai salah satu sumber untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

Adapaun kandungan yang dimiliki oleh 100 gram rambutan yang wajib kamu ketahui adalah:

Protein: 0,9 g

Karbohidrat: 18 g

Serat: 0,8-1 g

Kalsium: 15 miligram (mg)

Fosfor: 15 mg

Zat besi: 0,5 mg

Natrium: 15 mg

Kalium: 110 mg

Vitamin C: 60 mg

Nah, berdasarkan seluruh nutrisi dan kandungan tersebut, tentu tidak heran mengapa rambutan memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Buah dengan Kandungan Protein Tinggi

1. Kaya Akan Antioksidan

Rambutan adalah salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan sendiri memiliki manfaat untuk melawan berbagai macam penyakit dan dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat.

Efek antioksidan ini didapatkan dari beberapa kandungan senyawa yang terdapat di rambutan, yakni karoten, xantofil, fenol, vitamin E, dan vitamin C.

2. Menyeimbangkan Gula Darah

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh rambutan untuk tubuh adalah dapat menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh. Manfaat ini bisa diperoleh karena rambutan memiliki kandungan tinggi serat yang dapat menjadi salah satu nutrisi yang memperlambat penyerapan gula pada aliran darah.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi kemungkinan dapat terkena penyakit-penyakit berat lainnya, seperti penyumbatan pembuluh darah, stroke, bahkan beresiko kematian. Untuk itu, kamu dapat menjadi rambutan sebagai salah satu makanan yang dapat menyeimbangkan gula darah kamu.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Selanjutnya adalah, rambutan dapat mencegah terjadi penyakit jantung di dalam tubuh. Biasanya, penyakit jantung dipicu karena adanya pembuluh darah yang mengalami penyumbatan atau bahkan kerusakan.

Dengan adanya vitamin C di dalam rambutan, maka penyakit ini dapat diatas karena vitamin C memiliki peran dalam memperbaiki dinding pembuluh dan yang tengah mengalami kerusakan.

4. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh rambutan untuk tubuh adalah dapat menjaga Kesehatan fungsi ginjal. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan fosfor dan mineral di dalam rambutan yang membantu ginjal dalam bekerja lebih maksimal.

5. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat utama dari buah rambutan untuk tubuh adalah dapat menjaga sistem imunitas tubuh. Banyaknya kandungan yang baik di dalam rambutan, seperti vitamin, mineral, dan senyawa lainnya membuat rambutan dapat menjadi salah satu solusi kamu dapat menjaga imunitas tubuh.

Nah, itulah penjelasan mengenai buah rambutan dan manfaatnya baik untuk tubuh. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Posting Komentar

0 Komentar