Klasifikasi dan Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

 


Pernahkah kamu mendengar buah pala? Pala (Myristica fragrans) adalah sebuah tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Buah ini memiliki nilai yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah, dan sudah memiliki komoditas perdagangan yang penting sejak zaman Romawi.

Memiliki nilai yang tinggi karena buah pala terkenal dengan banyaknya Khasiat dan kandungan yang baik untuk tubuh. Saking banyaknya, tidak jarang buah pala juga disebut sebagai rempah-rempah.

Tanaman ini juga terbilang langka dan saat ini cukup sulit untuk dijumpai. Oleh karena itu, buah tergolong memiliki harga yang mahal dan kerap dibudidayakan guna memperbanyak populasinya.

Klasifikasi Buah Pala

Pala (Myristica fragrans Houtt)

Taksonomi Pala (Myristica fragrans Houtt)

Kingdom: Plantae

Filum: Tracheophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Magnoliales

Famili: Myristicaceae

Genus: Myristica

Spesies: Myristica fragrans

Manfaat Buah Pala

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, buah pala memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat-manfaat ini diterima dari kandungan yang ada di dalam Pala.

Adapun kandungan di dalam buah pala yang wajib kamu ketahui adalah:

·      Senyawa kimia Energi ( 42 kkal )

·      Protein ( 0,3 gram )

·      Lemak ( 0,2 gram )

·      Karbohidrat ( 10,9 gram )

·      Minyak atsiri

·      Zat samak

·      Zat pati

·      Saponin

·      Scolopetin

·      Miristisin

·      Elemisi

·      Enzim lipase

·      Pektin

·      Limonene

·      Asam oleanolat

·      Gula pati

·      Zat besi ( 2 miligram )

·      Kalsium ( 32 miligram )

·      Vitamin A ( 29 IU )

·      Vitamin B1 ( 1 miligram )

·      Vitamin C ( 22 miligram )

Berkat seluruh kandungan tersebut, buah pala menjadi salah satu buah dengan manfaat terbaik yang ada di dalam tubuh. Seperti apakah manfaat yang bisa dihasilkan buah pala? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

1. Meredakan Masuk Angin

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari buah pala dapat meredakan gelaja masuk angin dan menguranginya. Selain masuk angin, pala juga dapat mengatasi perut kembung atau menghangatkan badan yang tengah merasa kedinginan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu merebus buah pala dan meminum air bekas rebusan buah pala dalam kondisi hangat.

2. Menghilangkan Insomnia

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari buah pala adalah dapat mengurangi dan mengatasi insomnia. Insomnia adalah salah satu kondisi yang sering disebut sulit untuk tidur.

Dengan mengonsumsi air rebusan buah pala, maka kualitas tidur kamu lebih terjaga dan bahkan insomnia kamu berkurang. Disarankan, kamu mengonsumsi air buah pala sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Menambah Nafsu Makan

Banyak dari kita yang kerap kesulitan untuk makan karena kurang nafsu atau merasa kurang selera. Dengan mengonsumsi air rebusan buah pala, maka nafsu makan kamu akan meningkatkan dan membuat kamu doyan makan.

Manfaat ini diambil dari enzim lipase yang ada di dalam buah pala dan berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

Posting Komentar

0 Komentar