Jambu Mete: Taksonomi, Nutrisi, dan Manfaatnya untuk Tubuh

 


Jambu mete atau yang sering disebut sebagai jambu monyet adalah salah satu jenis tanaman dari suku Anacardiaceae. Jambu ini berasal dari Brasil dan memiliki biji yang dapat diolah menjadi kacang, yang sering kita kenal sebagai kacang mete.

Untuk menjadi sebuah kacang, biji jambu mete harus melewati proses-proses tertentu sebelum akhirnya dapat dikonsumsi. Selain bijinya yang dapat dikonsumsi, buah dari jambu ini juga bisa dimakan oleh siapa saja.

Baca juga: Resep Smoothies Buah Naga

Bahkan, ada banyak sekali manfaat dari jambu mete yang mungkin hingga sekarang belum kamu ketahui. Nah, untuk mengetahuinya, simak ulasan kami di bawah ini.

Taksonomi Jambu Mete

·      Divisi: Tracheophyta

·      Subdivisi: Spermatophytes

·      Klad: Angiosperms

·      Klad: mesangiosperms

·      Klad: eudicots

·      Klad: core eudicots

·      Klad: Superrosidae

·      Klad: rosids

·      Klad: malvids

·      Ordo: Sapindales

·      Famili: Anacardiaceae

·      Genus: Anacardium

·      Spesies: Anacardium occidentale

Kandungan di dalam Jambu Mete

Di dalam 100 gram jambu mete, terdapat beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi itu antara lain adalah:

·      Energi : 2.314 kJ (553 kcal)

·      Karbohidrat: 30.19 g

·      Gula: 5.91 g

·      Serat pangan: 3.3 g

·      Lemak: 43.85 g

·      Protein: 18.22 g

·      Vitamin: Kuantitas%DV†

·      Tiamina (B1): 37%.42 mg

·      Riboflavin (B2): 5%.06 mg

·      Niasin (B3): 7%1.06 mg

·      Asam pantotena (B5): 17%.86 mg

·      Vitamin B6: 32%.42 mg

·      Folat (B9): 6%25 μg

·      Vitamin C: 1%.5 mg

·      Mineral: Kuantitas%DV†

·      Kalsium: 4%37 mg

·      Zat besi: 51%6.68 mg

·      Magnesium: 82%292 mg

·      Fosfor : 85%593 mg

·      Potasium: 14%660 mg

·      Seng: 61%5.78 mg

Manfaat Jambu Mete

Nah, melihat banyaknya kandungan baik di dalam jambu mete, tentu tidak heran mengapa buah yang satu ini memiliki manfaat melimpah untuk tubuh. Adapun manfaat yang dimiliki oleh jambu mete adalah:

Baca juga: Resep Sandiwich Buah Ala Jepang

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh dari jambu mete adalah dapat menurunkan dan menyeimbangkan berat badan kamu. Manfaat ini diperoleh dari zat carnitine yang dimiliki oleh jambu mete.

Zat ini berperan untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga berat badan dapat seimbang. Tentu manfaat ini juga didukung dengan kegiatan olahraga dan pola hidup sehat.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh jambu mete adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan adanya kandungan vitamin C, asam amino, serta mineral penting lainnya, jambu mete dapat meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah kacang mete ini, kamu juga dapat mengurangi resiko terkena berbagai penyaki terlebih di era pandemi ini. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah ini juga baik untuk meredakan flu.

3. Mengobati Penyakit Kulit

Salah satu manfaat jambu mete yang kerap dicari banyak orang adalah dapat mengobati penyakit kulit. Strudi yang dirilis oleh Purdue University mengungkapkan bahwa, jus kulit buah jambu mete dapat menjadi salah satu obat tradisional dalam mengurang penyakit kulit dan membnatu mengobat kaki gajah.

4. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Manfaat lain yang dimiliki oleh jambu mete untuk tubuh adalah dapat meningkatkan Kesehatan otot dan tulang. Manfaat ini diambil dari kalsium yagn dimiliki oleh buah ini, di mana kandungan tersebut terkenal baik untuk Kesehatan tulang.

5. Meningkatkan Energi

Tidak hanya meningkatkan Kesehatan otot dan tulang, jambu mete juga dapat menambah stamina dan energi karena kandungan tembaga yang ada di dalamnya.

Nah, itulah penjelasan mengenai jambu mete beserta kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar