Klasifikasi dan Manfaat buah Langsat untuk Tubuh

 


Langsat merupakan salah satu buah yang kerap ditemukan di Indonesia. Buah ini tumbuh di tanaman berkayu yang hidup selama bertahun-tahun. Langsat juga memiliki kemiripan dengan duku karena kedua buah ini berasal dari spesies yang sama.

Untuk semakin mengetahui penjelasan mengenai buah langsat, di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai klasifikasi dan manfaat dari buah langsat yang wajib kamu ketahui.

Klasifikasi Buah Langsat

·       Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

·       Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

·       Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)

·       Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

·       Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

·       Sub Kelas: Rosidae

·       Ordo: Sapindales

·       Famili: Meliaceae

·       Genus: Lansium

·       Spesies: Lansium domesticum Corr.

Sekilas Tentang Buah Langsat

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, buah langsat kerap dan dapat tumbuh di Indonesia. Buah ini juga memiliki kemiripan dengan duku karena berada dalam family Meliaceae. Kedua buah ini masih sama sama enak dan nikmat.

Selain itu, langsat juga memiliki berbagai macam manfaat yang menarik untuk Kesehatan kita. Buah ini dikenal dengan kandungan serta yang tinggi, serta vitamin, dan antioksidan yang memang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari buah langsat? Untuk mengetahui hal itu, berikut kami berikan manfaat buah langsat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

Manfaat buah Langsat

1. Sebagai Sumber Serat Alami

Manfaat pertama yang dimiliki oleh langsat untuk tubuh adalah sebagai sumber serat alami. Serat adalah salah satu nutrisi penting untuk tubuh yang dapat mendukung sistem pencernaan dengan baik.

Kandungan serat yang ada di dalam langsat ini dipercaya dapat menjadi salah satu nutrisi yang mencegah terjadinya gejala sembelit. Selain itu, di dalam 100 gram langsat juga mengandung 2 gram serat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi 8-11%.

2. Dapat Membantu Mengontrol berat Badan

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh langsat adalah dapat membantu mengontrol berat badan. Langsat dapat menjadi salah satu buah yang kamu konsumsi saat menjalani proses diet. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan serat yang dimiliki oleh langsat.

Buah ini juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol. Di dalam 100 gram langsat, terdapat 57kilo kalori, di mana angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan buah duku.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Dengan tidak adanya kandungan lemak jenuh di dalam buah langsat, hal itu tentu dapat membantu kamu dalam mengontrol kadar kolesterol. Dalam berbagai penelitian menunjukakn bahwa makanan dengan serta tinggi terutama yang larut akan air, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Minuman yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Serat ini juga dapat menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Dengan begitu, langsat dapat kamu konsumsi sebagai salah satu makanan dalam mengatur kadar kolesterol kamu.

Nah, itulah klasifikasi dan manfaat buah langsat yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar