Intip Manfaat Buah Mundu, Rekan Manggis yang Tak Kalah Berkhasiat


Buah mundu memiliki nama latin yakni Garcinia dulcis. Buah yang satu ini diketahui masih satu garis famili dengan manggis, namun sayangnya buah ini jarang dikenal dan dibudidayakan. Padahal, buah berwarna kuning ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Buah mundu ini merupakan buah asli Indonesia yang banyak tumbuh di pulau Jawa dan Kalimantan. Tinggi pohonnya saja bisa mencapai 20 meter dan memiliki ukuran batang yang cukup besar serta daun hijau yang sangat rindang.

Ketika hendak dikonsumsi, buah mundu memiliki rasa manis sedikit asam dengan sari yang melimpah. Selain dimakan dalam bentuk yang begitu segar, buah ini juga bisa diolah menjadi selai.

Karena bentuk yang sangat mirip dengan buah manggis, buah ini sering disebut sebagai manggis kuning. Selain perkenalan dengan buah mundu yang sudah disajikan di atas, sekarang yuk beralih ke manfaat yang dimilikinya. Penasaran apa saja? yuk scroll down!

Manfaat buah mundu untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah mundu untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan:

1. Sebagai pewarna alami yang lebih aman

Warna kuning yang dihasilkan buah mundu berasal dari karotenoid, yakni zat warna alami yang banyak terdapat pada sayur serta buah berwarna kuning dan oranye. Selain buah mundu, zat yang sama juga ada dalam wortel.

Kandungan karotenoid pada buah mundu cukup tinggi. Oleh sebab itu, buah ini sangat direkomendasikan untuk kamu jadikan sebagai pewarna alami dalam berbagai olahan masakan, es krim, selai, pasta, hingga puding.

Penting untuk kamu ketahui bahwa pewarna makanan alami tentu lebih aman dan menyehatkan daripada pewarna buatan.

2. Menangkal radikal bebas

Karotenoid yang terkandung dalam buah mundu juga diketahui mampu bertindak sebagai pro vitamin A dan antioksidan, di mana hal tersebut sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Pasalnya, paparan radikal bebas yang berlebihan akan meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk penuaan dini bahkan kanker.

3. Membantu menjaga kesehatan jantung

Buah mundu mengandung Morelloflavone yang diketahui sangat berguna untuk tubuh. Morelloflavone adalah zat yang bisa memberikan sifat hipokolesterolemik dan antiaterogenik. Di mana zat ini bisa membantu dalam mencegah penumpukan kolesterol serta pal di pembuluh darah.

Kolesterol tinggi dan penumpukan plak di pembuluh darah termasuk kondisi yang bisa memicu penyakit jantung.

4. Melindungi tubuh dari alergi

Buah mundu juga mengandung garnicol yang memiliki sifat antiperadangan, antioksidan, dan mampu melindungi tubuh dari alergi. Zat ini juga bisa melidungi tubuh dari risiko kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

5. Mengurangi gejala sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekumpulan gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan, sehingga hal tersebut mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Gangguan yang termasuk dalam sindrom metabolik meliputi tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, penumpukan lemak di area perut seperti orang obesitas, dan kadar kolesterol serta trigliserida yang terlalu tinggi.

Mengidap salah satu dari kondisi di atas, tidak akan membuat kamu otomatis menderita sindrom metabolik, tapi hal tersebut tetap akan meningkatkan risiko untuk terkena penyakit berbahaya.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, para ahli melihat dampak penggunaan ekstrak kulit buah mundu pada hewan uji yang dikondisikan memiliki sindrom metabolik.

Hasilnya, kulit buah mundu dipercaya bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya kondisi pemicu sindrom metabolik, khususnya obesitas atau kelebihan berat badan. Buah yang satu ini dianggap mampu mempengaruhi proses metabolisme tubuh sekaligus komposisi mikrobiota di usus.

Selain itu, kombinasi sifat antiperadangan dan antioksidan pada buah mundu sering dijadikan sebagai campuran pengurang nafsu makan.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk benar-benar bisa memastikan manfaat buah mundu dalam mencegah sindrom metabolik.

Secara tradisional, buah mundu sering digunakan untuk mengencerkan dahak serta sebagai laksatif alami untuk melancarkan pencernaan.

Meski alami da berpotensi memberikan manfaat, kamu tetap perlu berhati-hari saat mengonsumsi buah ini dan tidak menggunakannya sebagai cara utama guna menyembuhkan penyakit.

Itulah seputar manfaat yang terkandung dalam buah mundu yang mirip dengan buah manggis ini. bagi kamu yang sudah membaca arikel di atas sambil bermain game online, sudah pernah melihat dan merasakan buah mundu ini? Jika sudah coba komen tentang rasanya di kolom komentar ya!

Posting Komentar

0 Komentar