5 Manfaat Buah Nangka Yang Harus Kamu Ketahui


Nangka merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan, khususnya di Indonesia. Buah dengan nama latin Artocarpus heterophyllus ini memiliki tekstur kulit sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan, sedangkan dagingnya berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas.

Kamu bisa menikmati buah nangka dengan cara dimakan langsung atau diolah sebagai campuran es salad buah dicampur dengan cincau.

Kandungan Nutrisi Buah Nangka

Di dalam 100 gram buah nangka ada sekitar 95 kalori dan beragam jenis nutrisi penting untuk kesehatan, di antaranya:

  • Karbohidrat kompleks
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, dan vitamin C
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, tembaga, dan mangan

Selain itu, buah nangka juga mengandung cukup banyak air dan antioksidan. Di dalam buah ini juga terdapat lemak, tapi tenang saja, karena jumlahnya sangat sedikit kok.

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Berkat kandungan beragam nutrisi di atas, ada berbagai manfaat buah nangka yang sayang untuk dilewatkan, yakni:

1. Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat buah nangka adalah menjaga fungsi pencernaan. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Dengan terpenuhinya asupan serat yang cukup, maka kamu bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit.

Selain mengandung serat, buah nangka juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi sebagai perbiotik untuk mendukung pertumbuhan kuman baik di saluran cerna,

2. Menjaga berat badan ideal

Tak hanya melancarkan percernaan, buah nangka ternyata juga baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini lantaran kandungan serat dan protein yang cukup tinggi di dalamnya bisa mmebuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk ngemil atau makan berlebihan pun bisa berkurang.

Selain itu, kandungan kalori dalam buah nangka juga terbilang rendah sehingga bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kamu tambahkan ke dalam menu diet sehari-hari.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Menfaat buah nangka dalam memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah bisa diperoleh dari kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya.

Serat dan antioksidan berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah pembuluh darah tersumbat, sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Karena itulah, buah nangka baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Memelihara kesehatan kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit, tak akan terasa cukup hanya dengan melakukan perawatan kulit dari luar saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk kulit, seperti buah nangka, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat bahaya radikal bebas, salah satunya akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin C dari buah nangka juga dapat membantu tubuh menghasilkan kolagen yang menjadikan kulit kenyal dan tetap kencang sehingga hal tersebut mampu mencegah penuaan dini.

5. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Nah, agar kamu terhindar dari penyakit ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, yakni dengan menjalani pola makan sehat dan mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah nangka.

Manfaat buah nangka diketahui bisa mengurangi risiko kanker karena kandungan antioksidan di dalamya yang mampu melawan bahaya radikal bebas dan melindungi tubuh dari beragam penyakit kronis, seperti kanker.

Itudia 5 manfaat buah nangka yang perlu kamu ketahui, selain nikmat ternyata buah yang berwarna kuning ini juga memiliki segudang manfaat, ya. Nah, selagi membaca manfaat buah nangka ini, sambil bermain game online sepertinya seru juga, siapa tahu bisa membantu menghilangkan rasa bosan jika kamu sedang sendirian di rumah.

semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan kita semua!

Posting Komentar

0 Komentar