5 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan


Di balik kulitnya yang bersisik, salak ternyata memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Manfaatnya dapat diperoleh karena buah yang satu ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tapi juga beragam vitamin dan mineral penting seperti vitamin B2, vitamin C, kalium kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Selain nutrisi tersebut, senyawa kimia yang ada pada buah salak seperti, flavonoid, likopen, dan karotenoid, juga tak kalah penting dalam mendukung kesehatan tubuh.

Manfaat Salak untuk Kesehatan

Penasaran apa saja manfaat salak untuk kesehatan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan mengonsumsi salak diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat salak ini bisa diperoleh lantaran kandungan vitamin C yang ada di dalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

Selain itu, antoksidan seperti karotenoid dan likopen yang ada pada buah salak juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan imunitas karena mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel dan DNA tubuh.

2. Mencerahkan kulit

Berdasarkan penelitian yang yang pernah dilakukan, menunjukkan bahwa ekstrak salak bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya. Senyawa flavonoid dalam ekstrak buah ini juga terbukti efektif menkan produksi melanin, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar krim pemutih kulit.

3. Mencegah sembelit

Beberapa orang masih beranggapan bahwa dengan mengonsumsi buah yang berbiji ini bisa menyebabkan sembelit atau sudah buang air besar (BAB). Namun, itu hanya mitos belaka, ya.

Faktanya adalah dengan mengonsumi salak secukupnya justru bisa mencegah terjadinya sembelit.

Ini karena kandungan serat dalam salak yang berguna untuk mendukung kesehatan saluran cerna, meningkatkan bakteri baik di usus, dan membuat tinja menjadi lebih lunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Menurunkan berat badan

Buah salah juga bisa kamu masukkan ke dalam menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan salak tinggi akan kandungan serat, sehingga dengan mengonsumsinya bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan.

5. Meningkatkan daya ingat

Kandungan beta karoten, pektin, dan kalium yang ada pada buah salak dipercaya mampu melancarkan aliran darah ke otak. Hal ini membuat salak sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Kendati demikian, potensi buah salak juga perlu diteliti lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan mata

Beta karoten di dalam buah salak juga membawa manfaat bagi kesehatan mata. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahawa konsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta karoten bak salak bisa mengurangi risiko terkena penyakit katarak dan rabun senja.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti salak. Pasalnya, kalium berperan penting dalam menjaga irama detak jantung.

Nah, itulah seputar 7 manfaat yang terkandung dalam buah salak. Selain manis, ternyata buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tapi secukupnya saja, ya.

Selagi membaca artikel ini, ada baiknya juga kamu mengetahui seputar solitaire, dengan mengetahuinya siapa tahu bisa membantu menghilangkan rasa bosanmu. Selamat mencoba!

 

Posting Komentar

0 Komentar