5 Jenis Anggur yang Ada di Penjuru Dunia



Jika mendengar kata buah anggur mungkin yang ada dibenakmu hanya rasanya yang lezat saja. Buah berwarna ungu dengan biji kecil di tengahnya dan daging yang kadang manis, kadang sedikit asam ini sebenarnya memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda.

Adapun jenis anggur yang sering kita temui di supermarket dan gerai buah biasanya hanya anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau yang dapat langsung dimakan serta memiliki rasa yang manis. Padahal sebenarnya jenis anggur memiliki macam bentuk, variasi, rasa dan asal mulanya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang macam-macam buah anggur, cek artikel di bawah ini, ya.

Jenis-jenis Anggur

Berikut ini adalah macam-macam anggur yang bisa kamu temui saat sedang travelling ke belahan dunia bersama keluarga ataupun kerabat. Pastinya dengan rasa dan bentuk yang berbeda seperti anggur yang biasa kita makan, lho!

1. Concord

Jenis anggur yang pertama adalah Concord. Buah yang termasuk salah buah termahal ini memiliki warna rona ungu kebiruan dan biasanya dijadikan olahan makanan. Jenis anggur ini digunakan untuk membuat jus buah, selai anggur, dan makanan yang dipanggang. Anggur concord yang berwarna bak permata ini kaya akan nutrisi dan kandungan antioksidan yang tinggi, serta senyawa fenolik resveratrol.

Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, jenis anggur Concord ini berkhasiat untuk tubuh karena senyawa pada anggur dapat menjadi anti kanker, anti-inflamasi dan kesehatan jantung. Menurut studi penelitian, anggur Concord memiliki kapasitas antioksidan total yang lebih tinggi kandungannya dibandingkan anggur merah atau hijau.

2. Champagne

Jenis anggur yang selanjutnya adalah champagne. Kadang, anggur ini disebut sebagai anggur Korintus hitam. Anggur yang satu ini berasal dari Asia dan Yunani, namun lebih banyak ditemukan di Amerika Serikat dan Eropa.

Jenis anggur ini juga menawarkan rasa manis dengan tekstur yang lembut. Adapun ukuran rata-rata anggur Champagne biasanya sebesar kacang polong.

3. Pinot Noir

Pada dasarnya, jenis anggur Pinot Noir ini sering digunakan sebagai bahan untuk membuat wine. Jenis anggur ini berkulit tipis dengan bagian dalam buah berwarna ungu tua. Rasa dan aroma yang dihasilkan mirip seperti buah ceri, stroberi liar, dan karamel. Semuanya sama untuk anggur yang sudah matang maupun yang masi muda. Biasanya, jenis anggur Pinot Noir ditemukan di wilayah Burgundy di Perancis.

4. Kyoho

Jenis anggur Kyoho ini termasuk jenis anggur terbesar yang akan kita temui. Faktanya, nama Kyoho berasal dari terjemahan Bahasa Jepang ke 'anggur gunung raksasa' yang berasal dari Gunung Fuji. Buah berwarna hitam ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1930.

Orang Jepang biasa menghidangkan buah ini sebagai makanan penutup atau jus yang dicampur dengan cocktails. Ciri-ciri jenis anggur ini besar, berwarna hitam keunguan dengan biji yang juga besar, dan kulit yang pahit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information menyebutkan, anggur Kyoho dikemas dengan senyawa tanaman yang bermanfaat, termasuk antosianin. Studi ini juga menyelidiki kandungan antosianin yang ada pada kulit anggur Kyoho.

5. Valliant

Jenis anggur Valliat adalah salah satu anggur yang dibudidayakan di daerah Alaska. Biasanya jenis anggur ini dapat panen di daerah suhu tinggi, beku dan kondisi tanah yang keras. Anggur berwarna biru besar ini digunakan untuk membuat jus, selai dan sebagai wine.

Itulah jenis anggur yang ada di dunia dan perlu kamu ketahui, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, ya!

Posting Komentar

0 Komentar