5 Biji Buah yang Bisa Diolah Jadi Makanan Lezat

Biji merupakan bagian dari buah yang sering kali diabaikan, kalaupun digunakan biasanya akan dijadikan sebagai tanaman baru. Tapi tunggu dulu, ternyata ada beberapa biji buah yang bisa dijadikan masakan lezat lho! Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap berikut!

1. Biji Semangka

Saat makan semangka mungkin saja kamu sering merasa terganggu dengan bijinya. Oleh karena itu, biji semangka sering dibuang begitu saja dan sering kita jumpai tunas semangka tumbuh liar di halaman. Hayo, siapa yang setelah makan semangka bijinya disembur di tempat sembarangan?

Sekarang, sudah ada cara yang lebih bijak daripada menyemburkan biji semangka. Kumpulkan biji semangka tersebut, karena biji-biji tersebut bisa diolah menjadi kuaci. Caranya pun sangat mudah, cuci bersih biji semangka, lumuri garam kemudian sangrai hingga kering. Dinginkan sebentar dan kuaci siap dinikmati.

2. Biji labu kuning

Labu kuning atau waluh biasanya diolah menjadi kolak, tumisan, sayur bersantan atau bahan pembuatan kue lainnya. Untuk bijinya? Sudah pasti sering disisihkan. Nah, sekarang coba deh, ketika membuat kolak labu kuning sertakan juga bijinya. Selain itu, rasanya pun tak kalah jauh nari kuaci, dijamin enak!

Nah, biji labu juga bisa diolah jadi kuaci. Caranya mudah, cuci bersih biji setelah itu tambahkan air dan garam secukupnya lalu rebus hingga air menyusut dan biji melunak. Angkat dan tiriskan, lalu sangrai, oven atau jemur di bawah sinar matahari. Voila! Kuaci biji labu jadi.

3. Biji nangka

Pasti kamu tahu, jika nangka sering kali dibuat menjadi camilan, bahan pembuatan kue, dan minuman. Nangka muda biasanya dimasak menjadi gule, lodeh atau gudeg sedangkan bijinya sering dibuang begitu saja, tapi jangan salah biji nangka dapat diolah menjadi makanan, lho.

Untuk camilan, rebus biji nangka yang sudah dicuci bersih, tambahkan air dan garam secukupnya. Rebus hingga lunak, tiriskan dan Biji nangka rebus siap dihidangkan. Selain direbus, biji nangka juga bisa dijadikan campuran sambal atau olahan balado. Pedas, nikmat!

4. Biji durian

Selain sensasi daging buahnya yang super lezat, biji durian juga dapat diolah menjadi keripik, aneka tumisan dan balado.

Untuk membuat balado biji durian ini, pastikan bijinya sudah dicuci bersih etrlebih dahulu, kemudian rendam semalaman agar mudah dibersihkan kulitnya. Setelah direndam, cuci biji dan rebus sampai lunak, tiriskan dan rendam lagi agar getahnya hilang. Setelah getah hilang, cuci dengan air mengalir hingga benar-benar bersih, tiriskan lalu iris biji sesuai selera. Goreng sebentar dalam minyak panas.

Siapkan bahan-bahan untuk balado, tumis kemudian masukkan irisan biji yang sudah digoreng, masak sampai bumbu merata dan balado matang.

5. Biji rambutan

Siapa sangka biji rambutan ternyata juga bisa diolah menjadi camilan yang unik. Untuk mengolah biji rambutan, kupas kulit bijinya dan cuci berulang kali hingga bersih. Setelah itu potong menjadi dua bagian atau sesuai selera, rebus hingga lunak dan setelah lunak, tiriskan. Siapkan wajan dan panaskan minyak, goreng biji rambutan hingga kecokelatan. Setelah matang, hilangkan uap panasnya, taburi sedikit garam atau bumbu tabur dan jadilah camilan biji rambutan.

Ternyata biji-biji yang selama ini kita buang bisa dimanfaatkan menjadi olahan lezat dan unik. Bagi kamu yang sudah membaca artikel ini sambil bermain game online, mau coba mengolah biji yang mana?

 

Posting Komentar

0 Komentar