5 Fakta Unik dan Menarik Seputar Buah Sawo yang Ada di Indonesia


Siapa nih yang suka dengan rasa buah sawo? Masyarakat Indonesia mungkin banyak yang sudah tak asing lagi dengan buah sawo. Bahkan, mungkin banyak juga yang memiliki pohon sawo di halaman rumah ataupun kebun.

Di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia, sawo memang menjadi salah satu tanaman pekarangan yang buahnya sering kali dinikmati. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang sudah akrab, bahkan sangat menyukai buah yang berwarna cokelat ini.

Tanaman sawo atau yang memiliki nama latin Achras sapota L ini dibudidayakan di berbagai negara di dunia seperti Indonesia, India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Guatemala, dan Venezuela.

Namun, tahukah kamu dari mana asal buah sawo? Sawo disebut-sebut berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Akan tetapi, ada pula dugaan yang menyebutkan bahwa sawo berasal dari Indonesia, lebih tepatnya dari Jawa dan juga dari daratan Amerika.

Dari Indonesia, sawo kemudian banyak dibawa sampai pada akhirnya menyebar ke berbagai negara.

Ngomong-ngomong tentang buah sawo, berikut beberapa fakta unik dan menarik yang dimilikinya.

Fakta Unik dan Menarik Buah Sawo

1. Berbuah di Sepanjang Tahun

Sawo merupakan tanaman yang umurnya panjang. Pohon sawo bahkan bisa terus tumbuh hingga puluhan tahun, lho. Pohon sawo memiliki batang yang berkayu, batang tersebut bisa tumbuh sampai 40 meter.

Selain itu, pohon sawo juga memiliki banyak cabang dan daun yang lebat. Nah, adapun hal yang paling menarik dari pohon sawo yakni biasanya akan berbuah sepanjang tahun.

Jadi, kita tak perlu menunggu “musim” sawo untuk bisa menikmati buah yang satu ini.

2. Dipanen Sebelum Masak

Ada banyak jenis buah yang bisa dipanen setelah masak dari pohon. Namun, tidak dengan buah sawo. Buah yang berbentuk bulat ini justru sengaja dipanen buahnya sebelum masak.

Buah sawo akan dipanen saat measih keras dan biasanya akan disimpan antara tiga hingga tujuh hari sampai masak dan teksturnya lunak. Adapun tujuan utama memanen buah sawo sebelum masak adalah untuk menghindari gigitan hewan.

Di samping itu, tingkat kematangan buah sawo juga bisa diatur sesuai keinginan, ya.

3. Tekstur Berpasir

Buah sawo memiliki warna cokelat dengan biji berwarna hitam mengilat atau kecokelatan. Rasanya yang manis, dan uniknya tekstur dagingnya ketika sudah dikonsumsi akan terasa seperti berpasir.

4. Penghasil Getah untuk Permen Karet

Tahukah kamu? Penghasil getah bukan hanya pada pohon karet saja, ternyata pohon sawo juga termasuk, lho.

Di Amerika, getah sawo dikentalkan dan disebut dengan chicle, yakni bahan untuk membuat permen karet alami. Selain itu, bahan tersebut juga sering digunakan untuk menambal gigi.

5. Bahan Pembuatan Parem

Sawo memiliki bunga yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan parem. Parem adalah bubuk obat tradisional yang biasanya digunakan dengan cara dibalurkan ke tubuh.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar buah sawo. Bagi kamu, yang membaca artikel ini sembari bermain game online ML, sesering apakah mengonsumsi dan menfaatkan pohon sawo? Komen di kolom komentar, ya!

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar