Mengenal Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk Tubuh

 



Buah pepaya adalah salah satu buah yang cukup mudah ditemukan dan banyak di konsumsi masyarakat Indonesia, walaupun bukan buah asli Indonesia.

Selain memiliki rasa yang manis, buat papaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Ciri Ciri Buah Pepaya

Buah pada tanaman pepaya adalah buah tunggal atau sejati, buah pada tanaman ini bersisi biji yang banyak. Buah ini muncul pada ketiak tangkai daun berwarna hijau mudah, kekuningan dan kuning ketika matang. Buah ini memiliki daging kemerahan dan dagingnya sangat tebal.

Kandungan Buah Pepaya

Berikut ini kandungan dalam setiap 152 g buah papaya.

·       Kalori: 59

·       Karbohidrat: 15 g

·       Serat: 3 g

·       Protein: 1 g

·       Vitamin C: 157% dari total vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari

·       Vitamin A: 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari

·       Folat (vitamin B9): 14% dari total folat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari

·       Kalium: 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari

·       Kalsium

·       Magnesium

·       Vitamin B1

·       Vitamin B3

·       Vitamin B5

·       Vitamin E

·       Vitamin K

·       Antioksidan karotenoid

·       Enzim papain

Manfaat Buah Pepaya

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, buah pepaya mengandung Vitamin C dan likopen yang sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, pepaya juga mengandung zat antioksidan yang meningkatkan perlindungan pada jantung serta meningkatkan peran kolesterol baik.

2. Menguatkan Sistem Imun

Vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang terkandung dalam buah pepaya, membuat buah ini baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imun tubuh yang kuat akan membuat seseorang jarang terinfeksi flu dan pilek.

3. Memiliki Sifat Antikanker

Kandungan lainnya yang terdapat dalam buah pepaya adalah likopen. Penelitian menyebutkan likopen dalam pepaya dapat mengurangi resiko terkena kanker. Kandungan likopen dalam pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang berkontribusi pada pertumbuhan sel kanker.

4. Menyehatkan Kulit

Mengkonsumsi pepaya juga sangat baik untuk kulit, kandungan vitamin dan likopen dalam pepaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik hitam, dan kulit kendur.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Pepaya memang buah yang dikenal dengan rasa yang manis, namun penderita diabetaes tidak perlu khawatir saat mengkonsumsi buah ini. Buah pepaya memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Indeks glikemik yang rendah berarti buah pepaya tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak setelah makan. Buah pepaya juga kaya dengan nutrisi yang berkualitas tinggi yang dapat menjaga kadar gula darah dan kolesterol.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah pepaya. Memang tidak dapat dipungkiri jika rutin mengkonsumsi buah memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Komentar