Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Tubuh

 



Buah delima alalah buah perdu semak yang biasanya tumbuh pada iklim sejuk. Buah ini memiliki ciri biji sangat banyak dan berbentuk bulat yang dilapisi daging berwarna merah. Kulit buah ini keras dan biasanya berwarna merah tua.

Buah ini bisa dimakan langsung, dibuat jus, atau bahkan dapat dicampurkan dengan berbagai makanan diet, seperti salad, oatmeal, hummus, dan makanan lainnya.

Ada setidaknya beberapa jenis delima dengan ciri yang berbeda, yaitu :

1. Delima putih : Buah jenis ini disebut delima putih dikarenakan buahnya yang memiliki warna dominan putih. Buah ini memiliki bunga berwarna putih, daging berwarna pucat, kulit berwarna putih, dan kulit biji juga berwarna putih.

Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Tubuh


2. Delima merah : Delima Jenis ini mungkin sudah biasa kita temui di pasar atau di minimarket. Sama seperti namanya, delima jenis ini memiliki warna yang dominan merah. Mulai dari daging buah yang memiliki warna merah tua dan kulitnya yang juga berwarna merah segar.

Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Tubuh


3. Delima Hitam :  Delima varietas ini masih terbilang langka, namun delima jenis ini memiliki rasa yang hampir sama seperti delima merah, bahkan lebih manis. Delima ini masih belum banyak dibudidayakan dan lebih sering ditanam sebagai penghias pekarangan karena warnanya yang menarik.

Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Kandungan Buah Delima

Buah yang unik ini memiliki beberapa kandungan gizi dan senyawa yang dibuthkan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Berikut kandungan tersebut :

·         Kalsium

·         Fosfor

·         Zat besi

·         Sodium

·         Vitamin A

·         Vitamin C

·         Protein

·         Lemak

·         Magnesium

·         Tanin

Manfaat Buah Delima

Kandungan gizi dan senyawa yang terdapat pada buah delima membuat buah ini menjadi memiliki banyak sekali manfaat. Buah delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan termasuk zat yang penting untuk membantu tubuh melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah delima bagi kesehatan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah delima yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat di dalam buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kolesterol jahat yang biasa menumpuk di pembuluh darah yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan sering mengonsumsi buah ini.

Mengontrol Gula Darah

Mengontrol gula darah sangat penting terutama untuk pasien diabetes. Hal ini terjadi karena kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik akibat adanya gangguan ketika akan merespon insulin. Ini disebut dengan resistensi insulin.

Dengan mengonsumsi buah Delima, tubuh akan dibantu untuk meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, buah delima cocok digunakan untuk orang yang sedang melakukan diet atau yang sedang menurunkan berat badan.

Menurunkan Resiko Kanker

Buah delima memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini berguna untunk untuk melindungi sel yang dapat merusak sel. Bahkan ada beberapa studi yang menunjukkan buah delima dapat menurunkan resiko terkena kanker prospat, paru-paru, dan usus.

Selain itu, buah delima juga dapat menghambat perkembangan sel kanker pada hewan. Tapi untuk mengetahui efeknya terhadap manusia, mungkin harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Meringankan arthritis dan nyeri sendi

Buah delima memiliki sifat anti radang yang bisa mengatasi arthritis dan nyeri sendi. Kandungan flavonid pada buah ini juga dapat menghambat enzim yang bersifat merusak pada sendi pada orang dengan osteoarthritis atau kerusakan tulang rawan.

Mengobati disfungsi ereksi

Buah delima dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah di seluruh tubuh, terutama pada bagian kelamin yang mengalami disfungsi ereksi. Buah delima dapat memberikan perbaikan pada disfungsi ini walaupun perbedaan yang diberikan tidak terlalu besar atau signifikan.

Walaupun dapat dimakan secara langsung, tetapi lebih dianjurkan mengonsumsi buah delima dengan cara memblender buah tersebut sampai bijinya hancur. Hal ini dilakukan agar kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal. 





Posting Komentar

0 Komentar