Buah Naga : Sejarah dan Manfaatnya untuk tubuh

15 Manfaat Kulit Buah Naga, Baik untuk Jantung, Moms! | Orami
 
Buah naga saat ini masih menjadi populer dikalangan masyarakat terutama di Asia tenggara. Meskipun awalnya buah ini bukan merupakan buah asli Asia tetapi sekarang sudah banyak dibudidayakan di seluruh dunia dikarenakan buahnya yang menarik, mudah dibudidayakan, mudah beradaptasi di daerah panas dan dapat tumbuh di daerah yang kering. 
 
Buah yang satu ini memiliki banyak serat sehingga dapat dengan mudah diolah dan diserap dengan mudah oleh tubuh.

Buah merah ini berasal dari iklim tropis di Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Kemudian pada tahun 1870, buah ini dibawa orang Perancis dari Guyana  ke Vietnam, di mana ia tumbuh dengan cepat. Hal ini yang menyebabkan buah ini lebih dikenal sebagai tanaman dari Asia hingga saat ini.
 

Menurut catatan sejarah, buah naga telah hadir di Indonesia sejak tahun 1977. Awalnya, orang Indonesia tidak mencoba menanam buah naga sendiri, tetapi mengimpornya dari Thailand. Kemudian  sekitar tahun 2000, beberapa orang Indonesia mulai berlatih dan mencoba untuk membudidayakannya sendiri

 

Jenis – jenis buah naga:

1. Buah Naga Putih

Buah Naga : Sejarah dan Manfaatnya untuk tubuh

Buah naga putih atau Hylocereus undatus sudah biasa kita lihat dan banyak dijual di masyarakat. Ini karena buah naga jenis ini mudah dibudidayakan baik dalam pot maupun kebun. Buah Naga jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lain.

2. Buah Naga Merah


Satu lagi jenis buah naga yang sudah banyak dijual dan tersebar banyak adalah buah Naga Merah. Memiliki nama ilmiah Hylocereus costaricensis, buah ini memiliki warna yang jauh lebih merah. Buah naga ini sedang banyak digemari petani karena dianggap paling laku karena memiliki rasa yang cukup manis dan tidak bau.

3. Buah Naga Kuning 


Buah Naga yang satu ini memiliki perbedaan yang satu ini sangat mencolok. Mulai dari warna kulitnya yang memang kuning cerah dan dagingnya yang berwarna putih. Buah naga kuning dengan nama ilmiah Selenicereus megalanthus berukuran lebih kecil dibandingkan buah naga lainnya. Buah ini masih belum banyak yang membudidayakan sehingga masih terlihat jarang.

4. Buah Naga Orange


Buah naga jenis ini memiliki kulit buah berwarna orange dengan isi berwarna merah. Sayangnya buah naga orange ini masih jarang baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Manfaat kesehatan buah naga

1. Kaya akan antioksidan

Salah satu sel yang dapat merusak tubuh adalah radikal bebas. Molekul ini dapat menyebabkan penyakit serius. Hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi buah Naga yang mengandung banyak akan antioksidan agar dapat melawan radikal bebas.
Antioksidan dapat menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan maka anda dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, diabetes, radang sendi dan penyakit jantung.

2. Kaya akan serat

Buah naga baik untuk kesehatan pencernaan karena buah ini memiliki kandungan serat yang sangat baik sehingga  serat sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, serat juga  berperan dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung, mengendalikan diabetes tipe 2, menjaga berat badan, dan mencegah kanker usus besar.

3. Menyehatkan usus

Kandungan prebiotik dalam buah naga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik yang bekerja di dalam usus. Prebiotik adalah jenis serat yang bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus Anda. Dengan konsumsi makanan yang mengandung prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan diare, serta dapat mengurangi gejala penyakit radang usus dan kanker usus besar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga mengandung vitamin C dan karotenoid, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sel darah putih dapat menyerang dan menghancurkan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Namun, sel darah putih rentan terhadap radikal bebas. Buah naga mengandung banyak antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas dan membantu melindungi sel darah putih dari kerusakan.

5. Mengandung zat besi

Zat besi berperan penting dalam proses pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh, selain itu juga berperan dalam memecah makanan menjadi energi. Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung zat besi.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke

Magnesium berperan untuk memecah makanan menjadi energi dan memainkan peran penting dalam kontraksi otot, pembentukan tulang dan bahkan produksi DNA. Berberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan magnesium yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Mencegah penyakit

Vitamin C yang terkandung didalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit yang menyerah tubuh. Vitamin C pada buah naga dapat membantu meredakan dan meringankan batuk dan flu .

Dengan banyak mengonsumsi buah seperti buah naga yang kaya akan vitamin dan serat, maka akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh melawan virus dan penyakit yang masuk.

Komentar