5 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

 


Siapa nih yang belum mengetahui mengapa mengkudu disukai banyak orang bahkan sampai dijadikan sebagai produk Kesehatan. Hal itu dikarenakan mengkudu memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh dan dikenal dengan buah sejuta manfaat. Apa saja manfaat dari buah mengkudu tersebut? Berikut kami berikan penjelasannya.

Sejak dulu, buah mengkudu sudah dikenal memiliki banyak manfaat dibidang kesehatan. Meskipun rasa dari buah mengkudu ini sangat pahit, namun buah ini tetap diminati masyarakat Indonesia karena dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Mengkudu atau Morinda citrifolia merupakan buah yang berwarna hijau yang banyak ditemukan di Kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. Buah mengkudu cukup populer dan sering dikonsumsi sebagai minuman herbal, obat herbal, atau suplemen herbal.

Di dalam buah mengkudu terdapat berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti:

·       Karbohidrat

·       Protein

·       Gula

·       Vitamin C

·       Vitamin E

·       Biotin

·       Folat

·       Magnesium

·       Kalium

·       Kalsium

·       Antioksidan

·       Antiradang

·       Antibakteri

Selain dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan, buah mengkudu juga dapat membantu melembapkan kulit, dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Namun, untuk manfaat buah mengkudu pada kulit memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia. Langsung saja yuk kita bahas.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Dibalik rasanya yang pahit, buah mengkudu memiliki sejuta manfaat yang baik untuk Kesehatan. Berikut ini kami berikan 5 manfaat buah mengkudu untuk Kesehatan yang wajib kalian ketahui.

1. Dapat Memperbaiki Sel Tubuh Yang Rusak atau Mencegahnya

Di dalam Tubuh kita terdapat sel dan jaringan tubuh yang dapat cepat rusak jika sering terpapar radikal bebas. Ada banyak sumber radikal bebas yang sering dihirup atau masuk ke dalam tubuh manusia, seperti asap rokok, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari yang berlebih.

Jika sesoerang terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka sel-sel tubuh akan cepat rusak dan dapat menimbulkan beberapa penyakit yang serius, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Untuk mencegah hal itu terjadi, kalian dapat mengkonsumsi buah mengkudu dengan rutin dan menjalani pola hidup yang sehat. Buah mengkudu dipercaya dapat menangkal radikal bebas, dan memperbaiki sel jaringan tubuh yang rusak. Selain mengonsumsi buah mengkudu, kalian perlu mengikuti pola hidup yang sehat, seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mencukupi kebutuhan istirahat.

2. Dapat Menjaga Kadar Kolestrol

Salah satu penyakit yang sudah sering dialami oleh banyak orang saat ini adalah kolestrol yang berlebih. Menurut sebuah riset, buah mengkudu dapat menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam darah dan trigliserida, sehingga sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit baru yang mematikan seperti Stroke, dan penyakit jantung akibat penumpukan kolestrol di pembuluh darah.

Seperti yang sudah kami sebutkan diawal, buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan dan anti radang yang tinggi, yang bagus untuk mencegah kadar kolestrol berlebih di dalam pembuluh darah.

3. Dapat mengurangi Nyeri Sendi

Banyak orang yang percaya bahwa buah mengkudu dapat meringankan nyeri sendi dan meredakan peradangan di dalam tubuh secara tradisional. Selain itu, ekstrak buah ini juga dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan pada sendi, misalnya untuk penderita osteoarthritis.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang sudah banyak orang ketahui adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh seseorang kuat, maka tubuh dapat kuat melawan bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan begitu, seseorang tidak akan mudah untuk jatuh sakit.

5. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Jika kadar gula darah seseorang tinggi dan tidak terkontrol, maka ia dapat mengalami diabetes tipe 2. Untuk mencegah hal itu terjadi, kalian memerlukan pola hidup yang sehat dan membatasi mengonsumsi gula. Buah mengkudu dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Buah mengukudu dapat meningkatkan hormon insulin di dalam tubuh yang berguna untuk mengatur kadar gula darah.

Nah, itulah 5 manfaat buah mengkudu untuk Kesehatan yang wajib kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu, jadi tertarik untuk mencoba buah yang satu ini?

Posting Komentar

0 Komentar