5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan, Wajib Tau!

 


Tentu kamu sudah cukup mengenal buah jambu biji. Namun, apakah kamu suudah mengetahui apa manfaat dari jambu biji untuk Kesehatan? Untuk mengetahui hal itu, di bawah ini kami akan memberikan ulasan mengenai manfaat jambu biji untuk Kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Salah satu buah yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh adalah jambu biji. Mungkin kamu sudah cukup sering mengonsumsi buah ini namun tidak mengetahui apa sebenarnya manfaat utama dari buah jambu biji.

Jambu biji dengan nama latin Psidium guajava merupakan salah satu buah tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Buah ini identik dengan warna kulit yang kuning dan hijau, serta daging buah berwarna merah mudah dan putih.

Di bagian tengah terdapat banyak biji berukuran kecil. Hal itu membuat jambu ini dikenal sebagai jambu biji.

Biasanya, banyak orang yang mengonsumsi jambu dengan cara di jus. Meskipun demikian, tahukah kamu apa saja manfaat dari buah jambu biji ini? Berikut kami berikan manfaat jambu biji untuk Kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat dari jambu yang pertama adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu dikarenakan, di dalam jambu biji terdapat banyak vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, jambu juga termasuk ke dalam salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi.

2. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat selanjutnya adalah jambu adalah dapat meredakan flu dan batuk. Manfaat ini bisa diperoleh karena adanya kandunga antioksidan yang dimiliki oleh jambu dan antikbakteri. Kandungan ini dapat membantu memecah lender serta menghilangkan kuman yang ada di dalam tenggorokan ataupun sistem pernafasan.

3. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi kamu penderita jantung, tentu kamu membutuhkan jambu sebagai salah satu penunjang Kesehatan. Sebab, jambu dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk Kesehatan jantung karena kandungan antioksidan di dalamnya. Selain itu, terdapat pula kandungan kalium yang mampu mengontrol tekanan darah.

4. Mampu Melancarkan Sistem Pencernaan

Jambu dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang baik melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi satu buah jambu, hal itu setara dengan 12% nutrisi kebutuhan harian kamu.

5. Membantu Mencegah Kanker

Selain membantu melancarkan sisitem pencernaan, jambu juga dikenal sebagai salah satu buah yang baik untuk mencegah kanker. Pasalnya, berbagai penelitian menemukan, seluruh bagian tumbuhan jambu biji, baik dari ekstrak buah, biji, maupun daun, memiliki khasiat untuk melawan sel kanker, termasuk kanker prostat, kanker usus besar, leukemia, dan melanoma. Ini karena kandungan vitamin C, likopen, dan quercetin di dalamnya bersifat antioksidan dan antikanker.

Nah, itulah 5 manfaat utama dari mengonsumsi jambu biji. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dan selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar