Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan


Selain enak untuk dimakan, buah sirsak ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah beraroma manis dan asam ini tak lepas dengan kandungan gizi dan nutrisi yang dikandungnya.

Sirsak (Annona muricata) tersebar luas di daerah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buahnya sering dimakan utuh atau dibuat menjadi jus, puding, atau campuran es buah. Selain daging buahnya, bagian lain dari tanaman sirsak, seperti batang, akar, dan daun, sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Nutrisi pada Sirsak

- Karbohidrat

- Serat

- Protein

- Vitamin C

- Vitamin B

- Kalium

- Magnesium

- Kalsium

- Selain beragam nutrisi di atas, buah sirsak juga mengandung nutrisi lain, seperti zat besi, folat, zinc, serta antioksidan.

 Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan


Berkat kandungan nutrisinya, buah sirsak dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah sirsak:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam sirsak bertindak sebagai antioksidan, melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kandungan nutrisi buah sirsak diketahui dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat terhadap infeksi dan serangan virus dan bakteri.

2. Membantu Meredangan peradangan

Ekstrak buah sirsak dikenal karena sifat anti antiradangnya. Efek ini dianggap baik untuk mengurangi peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh peradangan seperti asam urat, asam urat, tekanan darah tinggi dan radang sendi.

Namun, belum ada penelitian dapat menyimpulkan dengan pasti seberapa efektif buah sirsak untuk digunakan sebagai pengobatan. Untuk itu masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat buah sirsak untuk pengobatan ini.

3. Melancarkan Pencernaan

Karena kandungan serat dan air yang tinggi dari sirsak, buah ini baik untuk menjaga saluran pencernaan tetap baik. Konsumsi buah-buahan yang mengandung sirsak secara teratur juga dapat mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Membantu Melindungi Tubuh

Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak membunuh bakteri, virus dan parasit. Selain kandungan nutrisinya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sirsak diduga dapat membantu tubuh pulih dari infeksi.

5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Buah sirsak mengandung berbagai bahan kimia dengan sifat antioksidan dan anti kanker. Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal dan rongga mulut.

Berbagai penelitian memang menunjukkan berbagai manfaat kesehatan dari buah sirsak. Namun, perlu diketahui bahwa manfaat sirsak saat ini hanya diketahui berdasarkan hasil penelitian dari beberapa penelitian kecil.

Namun, sebelum menggunakan suplemen makanan atau obat herbal yang mengandung ekstrak dari buah, daun, atau bagian lain dari tanaman sirsak, konsultasikan dengan dokter Anda mengenai keamanan dan keefektifannya terlebih dahulu.

Posting Komentar

0 Komentar