Tidak Hanya Jeruk, Intip 7 Buah dengan Vitamin C Paling Tinggi

 


Jika membahas buah dengan sumber vitamin C tinggi, mungkin kamu akan menjawab jeruk. Ternyata, bukan hanya jeruk loh buah yang memiliki sumber vitamin C tinggi. Nah, untuk mengetahui hal itu, di bawah ini kami akan memberikan 7 buah dengan sumber vitamin C paling tinggi.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh. Vitamin ini memiliki banyak sekali peran dan fungsinya di dalam tubuh untuk membangun serta mendukung fungsi organ.

Beberapa manfaat dari vitamin C antara lain adalah:

1.       Meningkatkan daya tahan tubuh.

2.       Menjaga kulit tetap sehat dan kencang.

3.       Melindungi tubuh dari serangan penyakit.

4.       Mencegah anemia defisiensi besi.

5.       Membantu mengontrol tekanan darah.

6.       Menurunkan kolesterol.

7.       Mencegah penyakit asam urat.

8.       Menurunkan resiko terjadinya penyakit yang kronis.

Dengan semua manfaat vitamin C tersebut, tentu saja tidak heran mengapa vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh.

Ditambah di masa pandemi ini, vitamin C sangat diperlukan untuk melindungi tubuh kita. Namun, vitamin C adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Untuk itu dibutuhkan asupan dari luar agar nutrisi vitamin C di dalam tubuh kita dapat terpenuhi. Salah satu cara untuk memenuhi vitamin C di dalam tubuh kita adalah dengan mengonsumsi buah-buahan.

Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi buah-buahan yang mengandung vitamin C tertinggi. Buah apa sajakah itu? Simak ulasan di bawah ini sampai habis.

Jeruk

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah-buahan yang memiliki vitamin C tertinggi. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.

Jambu

Buah selanjutnya yang mengandung vitamin C tinggi adalah jambu. Jambu dikenal sebagai sumber vitamin C tertinggi dengan satu buahnya setara dengan 200 mg asam askorbat. Hal itu berarti, kandungan yang ada di dalam Jambu lebih tinggi dari pada jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Pepaya

Pepaya biasanya dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C? Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.

Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.

Kiwi

Buah lainnya yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi adalah kiwi. Satu buah kiwi berukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 64 miligram, atau setara dengan 71% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

Kiwi juga mengandung vitamin A, E, K, serta berbagai jenis mineral. Uniknya lagi, buah dengan kulit ‘berbulu’ ini mengandung asam lemak omega-3, zat gizi yang biasanya ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon.

Stroberi

Setengah gelas (125 gram) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tapi hal ini sama sekali tidak mengurangi manfaat stroberi bagi kesehatan.

Selain mengandung vitamin C, stroberi juga termasuk buah yang kaya antioksidan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan pada stroberi mungkin berpotensi menurunkan risiko kanker dan penyakit saraf serta memperlambat penuaan.

Nanas

Tidak mau kalah dengan buah tropis lainnya, nanas juga termasuk dalam jajaran buah yang mengandung vitamin C tinggi. Umumnya, buah “banyak mata” dengan daging berwarna kuning cerah tersebut diolah menjadi selai, sebagai campuran rujak buah serta es, atau pelengkap acar.

Bagi penyuka buah tropis ini, Anda akan mendapatkan 15 mg vitamin C untuk setiap 100 gram buah yang disantap.

Pisang

Hingga kini, kudapan dari pisang masih diburu dan terus berkembang dengan beragam inovasi. Nah, di samping enak, buah lonjong tersebut juga kaya nutrisi serta vitamin C. Dalam 100 gram pisang, terkandung setidaknya 9 mg vitamin C.

Selain itu, pisang juga tergolong buah yang baik bagi kesehatan jantung dan pencernaan, energy booster, serta mampu memancing suasana hati yang bahagia.

Nah, itulah 7 rekomendasi buah dengan sumber vitamin C tinggi. semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Komentar