Asam Lambung? Berikut Buah yang Cocok untuk Asam Lambung

 


Salah satu penyakit yang banyak sekali dialami masyarakat Indonesia saat ini adalah asam lambung. Asam lambung adalah sebuah penyakit yang memberikan efek rasa terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Biasanya, gejala asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu bagi setiap penderitanya.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit asam lambung pada seseorang adalah pola hidup yang tidak sehat. Beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit ini terjadi adalah kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, meminum kopi, dan minuman bersoda.

Tidak hanya itu, kebiasaan telat makan, terlalu banyak makan, hingga diet ketat juga sering menyebabkan naiknya asam lambung seseorang. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari hal-hal yang sudah kami sebutkan tadi agar asam lambung kamu tidak naik dan terhindar dari penyakit asam lambung.

Namun, jika kamu sudah terlanjur terkena penyakit asam lambung kamu perlu mengatur pola makan kamu dan makanan yang akan kamu konsumsi. Seperti buah yang akan kamu konsumsi. Bagi penderita asam lambung, tidak semua buah baik untuk dikonsumsi.

Terkadang, beberapa buah malah menaikkan asam lambung seseorang. Oleh karena itu, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi buah untuk asam lambung yang dapat dikonsumsi siapa saja terlebih penderita asam lambung sendiri.

Kamu juga dapat mengolah buah untuk asam lambung yang kami berikan ini menjadi jus, es cream, atau yang lainnya sesuai dengan selera kamu. Lalu, buah apakah yang cocok untuk asam lambung? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Buah Yang Cocok untuk Asam Lambung

1. Pisang

Buah untuk asam lambung yang pertama adalah pisang. Pisang adalah salah satu buah yang sering kita temui. Pisang baik untuk penderita asam lambung karena memiliki keasaman yang lemah dan sesuai untuk penderita asam lambung. Tingkat keasaman dari asam lambung berada di Ph sekitar 4,5 sampai 5,2.

Dengan mengonsumsi pisang, kamu dapat menetralisir asam lambung serta meringankan gejala maag yang ada di dalam lambung kamu.

2. Apel

Buah selanjutnya yang baik untuk penderita asam lambung adalah apel. Selain kaya serat, buah apel juga kaya akan kalsium, magnesium, dan kalium yang baik. Bahkan, tak jarang dari penderita asam lambung mengolah apel menjadi jus buah untuk penderita asam lambung.

Namun, tidak semua apel baik untuk penderita asam lambung. Contohnya adalah apel hijau. Apel hijau memiliki rasa yang cenderung lebih asam dibanding apel berwarna merah sehingga dapat memicu terjadi naiknya asam lambung. Oleh karena itu, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi apel berwarna merah.

3. Melon

Melon adalah salah satu buah yang baik untuk asam lambung karena memiliki sifat basa yang tinggi. Sifat basa tinggi yang dimiliki oleh melon ini terjadi karena mineral magnesium yang ada di dalam buah ini. Magnesium berperan sebagai kandunan utama untuk meredakan gejala maag.

Hal itu membuat melon menjadi salah satu buah untuk asam lambung yang sering dikonsumsi banyak orang. Tidak jarang, penderita asam lambung mengolah melon menjadi jus buah untuk penderita asam lambung.

4. Pepaya

Buah untuk asam lambung selanjutnya adalah papaya. Pepaya dijadikan sebagai salah satu buah yang cocok untuk asam lambung karena terdapat enzim papain di dalamnya. Enzim papain adalah enzim yang berada di dalam sistem percernaan yang berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan dan mempermudah penguraian protein.

Proses penguraian protein ini sangat penting untuk para penderita asam lambung karena dapat mencegah gejala maag terjadi.

5. Kelapa

Air kelapa sangat sering dikonsumsi oleh banyak penderita asam lambung karena di dalamnya berisi mineral kalium dan senyawa yang baik untuk menenangkan sistem pencernaan. Tentunya, hal ini sangat baik untuk penderita asam lambung karena dapat menurunkan kadar asam lambung.

Air kelapa sendiri dapat menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghambat peradangan dari lambung.

Nah, itulah rekomendasi buah yang cocok untuk asam lambung yang dapat kamu konsumsi. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat dan selamat mencoba!

Komentar