Jenis Serta Manfaat dari Pisang Bagi Keseharian

 


Apakah anda pecinta buah? Buah memiliki banyak jenis dan bentuk. Tak hanya itu, rasa dan warna juga banyak yang dapat menarik perhatian anda. Beberapa buah juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Sebagian orang mengkonsumsi buah untuk berbagai hal tertentu, seperti contoh menjaga kesehata, sumber vitamin, atau juga untuk diet. Diet adalah salah satu cara agar seseorang rutin mengkonsumsi buah karena kandungannya yang pas dan tidak berbahaya bagi tubuh.

Adapun contoh buahnya seperti pisang.

Buah ini tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena rasa dan juga khasiatnya yang bagus untuk tubuh.  Tapi selain karna sering beredar di masyarakat, apakah kalian tau cukup dalam tentang buah yang satu ini? kalau belum, berikut ulasan untuk anda.

Sejarah

Awalnya buah ini menyebar di daerah India, setelah itu persebarannya cukup cepat sampai ke Afrika karena dibawa oleh pedagang Arab pada tahun 1402. Setelah itu, bibit buah ini dibawa pada tahun 1516 ke kepulauan Kanari oleh pelaut Portugis, lalu berkhir di benua Amerika. Setelah saat itu, persebaran pisang semakin terjadi terus menerus.

Di Indonesia, buah ini bisa dijumpai di pelosok daerah mana pun. Pusat produksi terbesar terdapat di daerah Jawa Baratm, yaitu sekitaran Cianjur, Sukabumi dan juga Cirebon.

Jenis-Jenis Pisang

Dari jumlah pisang yang pernah kamu konsumsi, kira-kira ada berapa banyak jenis pisang yang kamu tau? berikut adalah jenis pisang yang sering tersebar di masyarakat, apakah ada varian yang sering kamu konsumsi?

1. Pisang Ambon. Buah jenis ini biasa kita jumpai di pasar-pasar tradisional yang memiliki bentuk yang melengkung dan juga sedikit panjang. Bunga pisang ini akan muncul setelah ia mencapai usia sekitaar 11-12 bulan. Setelah 4-5 dari bunag muncul, pisang akan hadir dan juga siap untuk dipanen.

2. Pisang Mas. Ukuran pisang ini cukup pendek dan juga berbentuk silinder. Ukuran kulit dari buah ini kira-kira sepanjang 1 mm dan buah ini dapat dipanen setelah 5,5 bulan setelah bunga muncul.

3. Pisang Raja. Bentuknya silinder dan juga memiliki kulit yang cukup tebal serta bagian ujung pisang raja berbentuk bulat atau persegi empat. Bunga dari buah ini akan muncul setelah 14 bulan dan buah pisang akan matang serta dapat dipanen pada ahri ke 150.

4. Pisang Tanduk. Seperti namanya, buah ini cukup panjang dengan ukuran sekitar 23-28 yang mana terlihat seperti tanduk, dan juga memiliki rasa yang cukup masam.

5. Pisang Kepok. Bentuk dari pisang ini cukup unik, seperti segitiga atau kadang segi empat dan juga sedikit keras atau kurang empuk dan teksturnya sedikit berkapur. Tapi walaupun begiu, pisang ini cocok di olah menjadi makanan yang akan sedap jikalau dikonsumsi.

6. Pisang Lampung. Ukurannya yan kecil membuat pisang ini sedikit mirip dengan pisang mas. Yang membuat berbeda terletak pada ujung buah pisang itu sendiri, karena ujung buah ini berbentuk lancip, sedangkan ujung pisang mas berbentuk tumpul. Rasanya yang manis dan sedap jikalau dikonsumsi membuat kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memakan buah ini setiap hari.

Manfaat Pisang

Selain jenisnya yang banyak, pisang ini juga kaya akan manfaat. Adapun khasiat baik jikalau kita mengkonsumsi pisang seperti,

1. MenjagaKesehatan Jantung

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

3. Kaya Antioksidan

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

6. Mengontrol Gula darah

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nah, sekian rangkuman tentang kebaikan buah pisang untuk kamu, semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar