Manfaat Apel Bagi Kesehatan

 


Buah merupakan tumbuhan serta makanan yang cukup memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Banyak cara orang-orang mengkonsumsi buah, karena dari beberapa fakta menunjukkan bahwa masih ada orang yang enggan untuk mengkonsumsi buah karena berbagai alasan.

Contohnya buah apel. Buah ini cukup familiar dan cukup banyak tersebar di kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak, terdapat beragam manfaat buah apel yang penting untuk kamu ketahui.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Sejarah Apel

Buah ini merupakan hasil buah langsung dari pohon, yang mulai ditanam pertama kali di Asia Tengah. Pada zaman dulu, pohon apel merupakan tumbuhan pertama yang dijadikan tanaman pertanian. Pada abad ke -17 apel dibawa masuk ke daratan Amerika dan pada abad ke-20, proyek irigasi di negeri Washington dilancarkan untuk memacu pembangunan industri buah bernilai ribuan jutaan dolar, yang dipelopori oleh spesies apel.

Jenis-Jenis Apel

Walaupun banyak beredar di masyarakat, apel tetap mmepunyai beberapa jenis lho. Tak sedikit, berikut jenis-jenis apel yang direkomendasikan untuk anda.

1. Red Delicious. Buah apel yang satu ini sudahlah pasti anda pernah lihat atau makan sebelumnya. Buah ini memiliki warna merah pekat yang vukup terkenal di dunia. Dikenal pada tahun 1872 yang saat ini terdiri dari lebih dari 50 kultivar. Dari 1968 hingga 2018, itu adalah kultivar yang paling banyak diproduksi di AS.

2. Honeycrisp. Kalian tahu, buah ini baru berumur sekitar 20 tahunan. Penemuan buah ini membuat para penikmat apel Red Delicious sedikit goyah karena ia mempunyai rasa yang manis, juicy dan juga renyah. Biasanya para penikmat mengkonsumsi buah ini untuk olahan makanan yang dipanggang seperti pai.

3. Granny Smith. Berbeda dengan kedua varian apel diatas, apel ini memiliki warna hijau cerah. Buah ini memiliki umur yang sama dengan Red Delicious tapi cukup berbeda dengan rasa, karena buah ini memiliki rasa yang cukup asam. Setelah adanya penelitian, varian ini dicap karena merupakan varian yang paling sehat diantara beberapa apel lainnya.

4. Fuji. Seperti namanya, varian apel ini berasal dari Jepang yang mana ditemukan pada tahun 1930. Buah ini memiliki warna yang cukup pink dan sedikit kecil. Buah ini juga tidak sulit ditemukan, baik di supermarket bahkan di pasar biasa pun, buah ini tersebar cukup banyak.

5. Gala. Varian apel ini mampu mengalahkan kultikular Red Delicious di pasar Amerika pada tahun 2018. Varian ini mempunya corak dan bentuk yang hampir sma dengan fuji, tapi tone warna lebih cenderung cokelat.

Manfaat Buah Apel

Selain jenis dari buah ini yang cukup bervariasi, apel memiliki banyak khasiat juga lho dalam tubuh manusia karena memiliki kandungan baik yang bagus untuk tubuh.

Adapun kandungan yang ada didalam tubuh yaitu seperti,  Air, Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor,  Besi,  Natrium,  Potassium,  Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin, Vitamin C.

Adapun manfaat dari buah apel yaitu,

1. Melawan Alzheimer. Adanya kandungan quercetin dalam apel adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak dari demensia pada hari tua.

2. Menstabilkan Gula Darah. Kandungan yang ada didalam apel mampu memperlambat pencernaan makanan dan masuknya glukosa masuk ke aliran darah.

3. Membuat Paru-Paru Lebih Baik. Vitamin C yang ada di dalam buah ini dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan paru-paru. Maka kalian akan terhindar dari beberapa penyakit seperti asma.

4. Meningkatkan imunitas. Serta didalam buah ini mampu melarutkan msel-sel kekebalan yang pro-inflamasi menjadi anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas.

5. Mencegah diabetes. Kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalam buah apel mampu melindungi sel dari kerusakan di pankreas, organ yang bertanggung jawab untuk mensekresi insulin, sebagai respons terhadap gula ekstra dalam darah.

Nah, keren banget kan manfaat jikalau kita mengkonsumsi buah apel. Maka dari itu, jangan lupa menjaga kesehatan diri ya, semoga artikel ini membantu.


Posting Komentar

0 Komentar