Melon : Sejarah, Jenis, Khasiat


 Buah merupakan salah satu makanan alami yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Bagi kalian yang cukup tak menyukai buah-buahan, kalian bisa mengkonsumsi makanan tersebut dengan berbagai cara.

Seperti contoh melon.

Adakah yang suka buah melon sebelumnya? Mari kita bahas.

Sejarah Buah Melon

Buah ini merupakan buah yang masuk dalam jenis labu-labuan, yang mana mempunyai tekstur yang lembut di dalam, dengan daging berwarna kuning, serta luaran kulitnya yang keras. Buah ini merupakan buah yang berasal dari dataran Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika.

Pada abad ke 14, buah ini dibawa oleh Colombus dan ditanam di daratan Amerika dan ditanam luas di daerah Texas.

Jenis Buah Melon

Buah dari keluarga labu-labuan ini memiliki beberapa jenis buah yang tersebar di duni. Berikut adalah jenis buah melon yang cukup populer untuk dikonsumsi.

1. Cantaloupe

Buah ini merupakan buah yang berasal dari Amerika dan memiliki rasa manis saat sudah matang dengan dalaman daging berwarna oranye.

2. Annanas

Melon jenis ini pertama kali ditemukan di Prancis dan timur tengah. Buah dengan kulit yang agak kuning ini memiliki ras adaging yang cukup manis. Melon jenis ini jarang dibudidayakan di Indonesia, lho. Baisanya, persebaran pembudidayaan melon ini berada di Timur Tengah, Perancis, serta Amerika Serikat.

3. Cavaillon

Buah ini memiliki kulit agak pucat dan juga garis kebiruan yang menjadi motif kulit melon yang satu ini. daging nya yang berwarna kuning ternyata memiliki rasa yang cukup manis loh.

4. Casaba

Seperti namanya, buah melon ini merupakan buah yang terdapat di daerah Kasaba, Turkey, dan juga menyebar ke Amerika Serikat. Melon ini lebih kuning pucat dengan daging berwarna putih serta rasanya yang manis.

5. Korean

Walaupun dinamakan Melon Korean, tapi penemuan buah ini pertama kali ada di India, jepang lalu ke Korea. Bentuk melon ini memiliki bentuk yang lebih lonjong dibanding buah melon biasanya. Kulit buah ini berwarna kuning keemasan, dengan garis putih yang emmanjang ke seluruh buah.

Saat dibelah, daging buah ini tampak berwana putih. Hampir terlihat seperti melon annanas, tetapi rasa buah melon ini lebih ke rasa pir.

Manfaat

Selain memiliki banyak jenis, ternyata buah ini sangat sehat lho. Berikut adalah kandungan dari buah Melon :

·         Energi: 36 kkal.

·         Protein: 0,5 gram.

·         Lemak: 0,15 gram.

·         Karbohidrat: 9 gram.

·         Serat: 9 gram.

·         Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram.

·         Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram.

·         Niasin (vitamin B3): 0,4 miligram.

1. Mencegah Dehidrasi.

Alasan itu dikarenakan buah ini mempunyai kandungan tinggi air yang bisa kalian jadikan pengganti saat ingin minum air putih. Adapun kandungan air didalam 2 potong melon sama dengan 159 gr, yang mana itu setara dengan 2 gelas air.

2. Bagus Untuk Pencernaan

Kandungan serat didalam buah melon mungkin tak sebanyak pada buah lain, tapi buah ini cocok dikonsumi bagi orang yang tak terbiasa dengan makanan serat tinggi. Bagi anda yang ingin mengalami buang air besar lancar, kalian bisa menajdikan melon sebagai makanan yang cocok untuk merawat sistem pencernaan kalian.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Sayur dan buah dikenal baik untuk menurunkan tekanan darah. Begitupun dengan buah melon, terlebih di dalam buah ini terdapat kandungan kalium yang mana sangat baik bagi tubuh terkhusus jantung dan tekanan darah.

4. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Vitamin B6 yang ada dalam buah ini membantu melakukan pembentukan  yang mana merupakan kandungan senyawa zat kimia yang mempunyai banyak fungsi. Salah satunya adalah menaikkan mood. Jikalau mood anda baik, maka anda akan lebih bahagia dan tidur anda pun akan lebih nyenyak juga.

Nah, banyak juga ya manfaat dari buah Melon ini. semoga artikel ini membantu dan jangan lupa makan buah.

 

Komentar