Jeruk : Jenis, kandungan, Manfaat

Halo sobat sehat. Apakah kalian sebelumnya suka dengan buah-buahan? Memakan buah-buahan dapat juga membuat kita mempunyai beberapa manfaat yang cukup. Tentunya, apa yang didalam buah merupakan hal yang baik untuk dikonsumsi, tapi terkadang, ada beberapa yang tidak sesuai dengan yang tubuh kita butuhkan, sehingga harus dikonsumsi dengan porsi tertentu.

Contohnya jeruk. Kalian pasti sudah mengenal bentuk dan rasa jeruk bukan? Cukup familiar dalam setiap kalangan, Jeruk menjadi salah satu rekomendasi buah yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Jeruk merupakan buah yang berasal dari Asia tenggara, India, Cina Selatan, Florida, Australia dan Kaledonia. Tapi saat ini, jeruka bisa ditanam dimana saja, karena persebaran tanaman jeruk sudah beredar luas.

Buah dengan marga marga Citrus dari suku Rutaceae ini merupakan buah dengan poohon berbunga. Dominan memiliki rasa yang asam, tapi tak sedikit juga jeruk memiliki rasa manis saat dikonsumsi. Nah, disini kita akan membahas jenis-jenis dari buah jeruk, serta kandungan dan manfaat yang kita dapat dari buah ini.

1. Jenis-Jenis Buah Jeruk

Buah jeruk mempunya banyak jenis, disini, kita akan membahas tentang jenis jeruk terpopuler di Indonesia, begini selengkapnya.

-Jeruk Nipis : Memiliki rasa yang super asam, buah ini lebih sering dijadikan bahan yang dimasukkan ke soto atau sejenisnya karena dapat menciptakan rasa yang segar pada makanan.

-Jeruk Lemon : Buah jenis ini digunakan hampir seluru orang untuk dimanfaatkan sari bahkan kulitnya.


-Jeruk Limau : Berbeda dengan jeruk nipis, jeruk limau memiliki permukaan yang kasar dan bertekstur dan berukuran kecil


-Jeruk Purut : Mempunyai bentuk yang sama dengan jeruk limau, perbedaannya berada pada uuran jeruk purut yang lebih besar.



-Jeruk Mandarin : Buah ini memiliki warna jingga yang pekat dan juga sangat mudah ditemui di supermarket.


-Jeruk Bali : Jeruk jenis ini berbeda dari ejruk yang lainnya dikarenakan isian jeruk berwarna lebih kemerahan.


-Jeruk Medan : Memiliki perbedaan dari jeruk Import


dengan warna kuning yang amat cerah, jeruk ini memiliki campuran warna hijau pada kulitnya.


2. Kandungan Buah Jeruk

Secara sekilas, kandungan buah jeruk adalah sebagai berikut :

·         kalori: 47 :

·         Air: 87%

·         Protein: 0,9 gram

·         Karbohidrat: 11,8 gram

·         Gula: 9,4 gram  

·         Serat: 2,4 gram

·         Lemak: 0,1 gram

Didalam jeruk, ada kandungan utama yaitu karbohidrat dan air dengan sedikit protein, lemak, dan kalori. Tak hanya itu, dalam 1 varian jeruk, dapat memberikan kita sekitar 18% serat dari angka kecukupan gizi harian. Adapun beberapa vitamin yang terkandung didalam buah jeruk seperti Vit. C, B1, B9 juga Kalsium.

Kandungan senyawa juga tak hilang dari jeruk yang cukup baik untuk tubuh, yaitu Fenolid, Karotenoid, Asam sitrat. Dengan kaya akan kandungan baik bagi tubuh, jeruk merupakan rekomendasi buah yang cocok untuk kalian makan dengan segudang manfaat.

3. Manfaat Jeruk Bagi Tubuh

Setelah kita membahas jenis dan kandungan jeruk, kali ini kita akan membahas manfaat jeruk itu sendiri bagi tubuh sesuai dengan kandungan yang ada.

-Melancarkan Pencernaan : jeruk dapat melancarkan sistem pencernaan didalam tubuh, dikarenakan kandungan serat yang ada didalam jeruk.

-Mencegah Kanker : Kandungan Vitamin C yang ada didalam tubuh cukup untuk mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh.

-Mengatur Tekanan Darah Tinggi : Magnesium yang kaya didalam jeruk dapat mengatur tekanan darah yang mana jikalau rutin mengkonsumsi jeruk akan membuat tekanan darah terkendali.

-Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Selain mencegah terjadinya kanker, vitamin c juga dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh.

-Memperkuat Tulang : Kalsium dan Vitamin D tentunya merupakan kandungan yang baik bagi tubuh untuk mencegah tulang keropos sejak dini.

Nah, demikian artikel ini bisa dirangkum, jangan lupa makan jeruk dan semoga artikel ini bermanfaat ya.

Komentar