Durian si Raja Buah

Terkenal dengan duri sebagai kulit buahnya, serta dagingnya yang lebut dan harumnya yang cukup menyengat, memiliki buah ini mempunyai banyak penggemar yang ingin mengkonsumsinya. Sudahkah kalian mengenal buah durian sebelumnya?

Berikut adalah fakta dibalik buah durian :

1. Asal

Buah yang sering disebut dengan King of Fruits ini berasal daerah Asia Tenggara. Bentuknya yang memiliki kulit khas seperti duri, serta memiliki daging yang menggumpal yang melindungi 1 biji didalamnya.

Lebih tepatnya buah ini berasal dari Pulau Kalimantan yang berdiri sebagai pusat durian, Mindanao, Sumatra, dan Semenanjung Malaya walaupun tidak sebanyak di pulau Kalimantan.

Meskipun begitu, budidaya durian banyak dilakukan di Thailand, Mindanao di Filipina, Queensland di Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, India, dan Sri Lanka. Tapi ternyata dibalik itu, Negara-negara tersebut mengekspor bibit durian dari Indonesia, lho.

2. Jenis

Buah yang daging sangat harum ini memiliki beberapa jenis dengan rasa yang enak dan diakui lho. Untuk kalian yang ingin tahu, ini beberapa jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi oleh anda.

-Durian Banyuwangi. Sering dipanggil durian merah, durian ini biasanya ditemui di daerah desar Kemiren, Banyuwangi. Ternyata selain bentuknya yang unik, dengan warna merah sebagai isinya, durian ini merupakan durian kebanggaan Banyuwangi. Bijinya yang kecil dan rasanya yang manis, buah ini direkomendasikan untuk kalian mencobanya.

-Durian Pelangi. Durian ini berasal dari Manokwari. Hampir mirip dengan durian Banyuwangi, durian ini memiliki daging yang sedikit merah, tapi tidak semerah durian Banyuwangi. Beberapa setuju kalau durian ini mempunyai warna yang paling cantik diantara durian durian lainnya.

-Durian Tembaga. Durian ini memiliki peluang besar dalam dunia ekspor yang telah disahkan oleh gubernur Bangka Belitung. Budidaya yang ada dan persebaran buah ini yang cepat, sehingga banyak peminat durian ini berasalah dari luar daerah bahkan luar negri.

-Durian Montong. Durian ini menjadi yang paling terpopuler di Indonesia. Siapa yang tak kenal akan durian ini? Durian yang berasal pada awalnya dari Thailand ini merupakan Durian yang memiliki warna daging sedikit kuning dan terasa kering. Selain itu, buah ini memiliki tekstur daging yang cukup lembut dengan aroma sedang.

-Durian Petruk. Buah ini merupakan varietas unggul nasional dan terus diteliti untuk dikembangkan. Nama durian Petruk ini berasal dari sang pemilik yaitu pak petruk yang tinggal di tinggal di Dukuh Randusari, Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.

-Durian Musang King. Durian ini berasal dari Malaysia yang tak kalah terkenal dibanding durian Montong. Namanya yang cukup terkenal karena dipromosikan melalui salah satu film anak di Malaysia. Selain itu, rasa durian Musang King ini enak dan juga memiliki tekstur yang lembut.

3. Manfaat Durian

- Meningkatkan Kesehatan Jantung. Kalium yang terdapat didalam buah durian terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah yang menjadi penyebab utama penyakit kardiovaskular.

- Mencegah kekurangan Gizi. Umur yang rentan terkena kurang gizi berada pada lansia, dengan beberapa faktor termasuk malabsorpsi, nafsu makan berkurang, dan akses terbatas ke berbagai makanan.

- Mencegah Nyeri Sendi. Mengkonsumsi durian yang kaya akan vitamin C merupakan cara yang aman untuk membantu mencegah nyeri sendi.

- Tinggi Karbohidrat. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Sekian spesifikasi tentang durian. Yang namanya mengkonsumsi buah itu dijamin pasti baik, tapi kalau berlebihan jangan ya, semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar