Manfaat Buah Rumbia Bagi Kesehatan

Buah rumbia ini termasuk bagian buah langka, rumbia juga memiliki nama lain di  berbagai daerah seperti sembi, rumbieu, hambia, huda, lombia, rumpia dan masih banyak lagi sebutan lainnya. Rumbia termasuk sejenis pohon pelem yang menghasilkan tepung sagu. Buah rumbia berbentuk seperti buah salak yang memiliki sisik tetapi buah ini berukuran lebih besar.

Rumbia biasa juga dijadikan sebagai makanan pokok yang diolah menjadi sagu seperti Papua. Rumbia dijadikan sebagai makanan pokok karena memiliki kandungan karbohidrat. Selain karbohidrat, buah rumbia juga banyak menganduk banyak nutrisi seperti serat, zat besi, vitamin, kalsium, askorbat, dan juga karoten. Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

1. Menambah Berat Badan

Didalam buah rumbia terdapat karbohidrat terbilang lumayan tinggi sehingga baik dikonsumsi. Manfaat karbohidrat sangat baik untuk menambah berat badan khususnya dalam penyembuhan setelah sakit.

2.Obat Anti Diare

Diare salah satu penyakit umum dan sering dialami banyak orang berbagai usia. Buah rumbia ini salah satu buah anti diare. Berikut cara pengobatannya yakni dengan cara membelah buah rumbia menjadi 2 bagian, kemudian direndam air hangat selama 15 menit, setelah itu diminum airnya setiap hari sampai sembuh.

3.Meningkatkan Daya Tahan Otot

Peningkatan daya tahan otot dengan mengkonsumsi buah rumbia dapat meningkatkan proses pemulihan otot lebih cepat serta mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot, karna kandungan pada buah ini memiliki kandungan karbohidrat, asam askorbat, dan beberapa senyawa organik yang terkandung dalam buah rumbia.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah rumbia juga memiliki serat seperti buah lainnya. Kandungan serat pada buah ini sangat baik bagi sistem pencernaan karena bisa mengatasi solusi diare, sembelit, membersihkan usus, dan mengikat lemak pada tubuh sekaligus memperbaiki pergerakan usus sehingga metabolisme semakin optimal.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beta karoten juga terdapat pada buah rumbia yang dapat membantu dalam yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga virus dan infeksi dilawan dengan baik.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Rumbia sangat penting dalam produksi sel dalam darah merah serta melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh hanya mengkonsumsi buah rumbia yang langka ini. Sirkulasi darah normal ini nantinya yang akan mengoptimalkan metabolisme tubuh serta mengalirkan oksigen yang merata ke seluruh tubuh.

7. Dibuat Menjadi Asinan

Masyarakat aceh sudah sejak lama menjadikan buah rumbia sebagai industri asinan. Pembuatan asinan dari buah rumbia ini juga tidak begitu sulit hanya  dengan mencampurkan garam pada air  yang disesuaikan dengan jumlah buah rumbia yang dipakai.

8. Mempertahankan Desitas Tulang

Buah rumbia juga mengandung kalsium, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang sekaligus mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan mempercepat  penyembuhan patah tulang.

Itulah manfaat dari buah rumbia yang dapat saya jelaskan, pada dasarnya hampir sama dengan jenis buah lain karena mengandung serat tinggi, mineral serta vitamin penting untuk tubuh kita. Akan tetapi pohon rumbia sudah semakin langka, kelangkaan ini membuat kita susah menumukannya dan susah untuk  menikmati berbagai nutrisi yang terkandung pada buah rumbia.

Posting Komentar

0 Komentar