10 Buah Penambah Darah yang Wajib Dikomsumsi Penderita Anemia

Hallo sahabat blog, mungkin sudah tak asing bagi kamu mendengar penyakit anemia. Ya, anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan darah, atau lebih tepatnya sel darah merah. Kondisi ini tentu saja merugikan karena artinya, aliran oksigen ke seluruh organ tubuh menjadi terhambat.

Maka dari itu, untuk mengatasi penyakit ini, ada beberapa buah yang dapat di komsumsi oleh si penderita untuk menambah darahnya. Apa saja sih buah untuk penambah darah tersebut? Penasaran? Yuk, ikuti ulasan di bawah ini!

Buah untuk Penambah Darah

1. Beetroot

Buah pertama adalah ‘Beetroot’. Beetroot atau buah bit adalah buah yang menurut penelitian, dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Manfaat beetroot yang satu ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan yang bersifat antianemia.

2. Jambu Biji

Buah kedua adalah ‘Jambu Biji’. Jus jambu biji merah dipercaya sangat efektif guna meningkatkan kadar hemoglobin. Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi.

Tak hanya itu, jambu biji juga mengandung folat dan zat besi dalam jumlah cukup. Dengan mengomsumsi jambu biji bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang sehat. Vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Ini dapat mengurangi risiko penyakit serius, seperti radang sendi, kanker, dan beberapa bentuk penyakit jantung.

3. Stroberi

Buah ketiga adalah ‘Stroberi’. Buah yang disukai oleh banyak orang ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu tubuh dalam produksi sel darah merah.

Selain itu, antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Semangka

Buah keempat adalah ‘Semangka’. Tak hanya hanya menyegarkan, buah ini juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah.

Satu potong semangka ukuran sedang dapat memberikan kamu zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh untuk penyerapan zat besi.

5. Melon

Buah kelima adalah ‘Melon’. Buah ini terdiri dari 90% air yang dapat memberi kamu perasaan pemulihan di dalam perut kamu. Melon juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu zat besi untuk meningkatkan hemoglobin di dalam darah.

6. Jeruk

Buah keenam adalah ‘Jeruk’. Rasa jeruk yang manis dan asam berasal dari konsentrasi vitamin C yang tinggi. Salah satu manfaat vitamin C dapat membantu menahan aliran darah dan kandungan zat besi di dalamnya akan membantu pembentukan sel darah merah.

7. Buah Delima

Buah ketujuh adalah ‘Delima’. Buah ini sangat bangus untuk tubuh dalam meningkatkan jumlah darah merah, kandungan asam askorbat dalam delima dapat meningkatkan zat besi, dimana zat besi berpengaruh dalam meningkatkan sel darah merah. Dikonsumsi sebagai jus atau langsung dikonsumsi.

8. Buah Naga

Buah kedelapan adalah ‘Buah Naga’. Buah naga kay akan vitamin C dan zat besi ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit dalam tubuh, terutama untuk ibu hamil loh. Selain untuk anemia, nutrisi lainnya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mencegah risiko kanker dan melawan stres oksidatif.

9. Aprikot

Buah yang kesembilan adalah ‘Aprikot’. Buah ini sangat cocok dikomsumsi oleh orang yang kekurangan darah karena mengandung zat besi yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah.

10. Buah Zaitun

Buah yang terakhir adalah ‘Buah Zaitun’. Tak hanya sekedar hiasan di salad, buah ini juga mengandung zat besi, omega 3, dan vutamin A pada buah zaitun yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah pada tubuh.

Nah sahabat blog, itulah beberapa buah penambah darah yang cocok dikomsumsi oleh penderita anemia. Tetap jaga kesehatan ya sahabat.

Posting Komentar

0 Komentar