Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelengkeng

 

Kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman yang digemari banyak orang. Meskipun bentuk buahnya berukuran yang minimalis, namun buah kelengkeng memiliki banyak manfaat.

Jadi tak salah lagi jika banyak masyarakat yang menyukai dengan buah kelengkeng. Buah yang satu ini memiliki nama latin, yakni Dimocarpus Longan.

Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini menjadi salah satu buah dengan protein tertinggi dan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti mengandung Vitamin C dan mampu memperkuat tulang, bahkan masih banyak lagi yang berguna untuk dikonsumsi.

Buah kelengkeng sangat nikmat untuk dikonsumsi, karena memiliki rasa yang manis serta menyegarkan. Selain itu, buah ini juga memiliki daging yang tebal dan sering dijadikan minuman penyegar.

Nah, bicara soal buah kelengkeng, maka disini kita akan membahas tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman atau buah kelengkeng.

Klasifikasi Tanaman Kelengkeng

Kingdom : Plantae

Infra Kingdom : Streptophyta

Sub Kingdom : Viridiplantae

Divisi : Tracheophyta

Super Divisi : Embryophyta

Sub Divisi : Sper matophytina

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Super Ordo : Rosanae

Famili : Sapindaceae

Genus : Dimocarpus Lour

Spesies : Dimocarpus Longan Lour

Morfologi Tanaman Kelengkeng

Setelah membahas tentang klasifikasi dari tanaman kelengkeng, sekarang kita akan membahas mengenai morfologinya. Yuk simak!

1. Morfologi akar

Pohon yang dimiliki oleh tanaman kelengkeng ini memiliki ukuran tinggi kira-kira mencapai 40 meter serta batang yang berdiameter 1 meter.

Selain itu, akar dari pohon tanaman kelengkeng ini juga menjadi salah satu akar berjenis tunggang. Bahkan pohon kelengkeng ini menyediakan berbagai akar samping, kuat dan panjang.

2.  Morfologi Batang

Tanaman kelengkeng memiliki batang berkayu keras dengan bentuk yang bulat serta sistem percabangannya yang sympodial.

Maksudnya, dimana batang-batang yang memiliki cabang-cabang yang banyak dengan serta arah cabangnya merapat dan mendatar. Biasanya, permukaan dari batang kelengkeng ini berwarna coklat dan terasa kasar.

3. Morfologi Daun

Berbeda dengan tanaman pada umumnya, kelengkeng memiliki daun yang banyak serta ukurannya yang panjang dan pada bagian ujungnya terlihat meruncing.

Tanamnan yang memiliki warna dau hijau gelap ini merupakan salah satu daun yang majemuk dengan berhadap hadapan pada satu tangkai. Biasanya, satu tangkai terdiri dari kurang lebih 3 sampai 6 pasang daun.

Dibagian permukaan daunnya memiliki warna hijau tua serta mengkilap. Selain itu struktur daun dari tanaman kelengkeng ini, yaitu menyirip.

4. Morfologi Bunga

Morfologi dari bunga tanaman ini memiliki dua  macam yaitu, monoesis dan diesis. Tanaman yang jantan hanya menyediakan staminate (benang sari) saja tanpa adanya harus memperlihatkan pistil (putik).

Bunga kelengkeng merupakan sebuah bunga yang mejemuk  dengan ukuran yang minimalis dan memiliki warna coklat kekuningan.

Biasanya, perbungaan terdapat flos terminalis atau bagian ujung dan berbentuk seperti payung menggarpu serta bunga mahkota 5 helai.

5. Morfologi Buah

Buah dari kelengkeng ini memiliki ukuran yang elatif kecil dan berbentuk bulat serta didukung dengan dua warna yang berbeda.

Warna yang pertama yakni warna hijau, dimana buah kelengkeng yang berwarna hijau akan bertanda jika buah tersebut masih mudah dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk warna yang kedua yaitu warna coklat kekuningan ini bertandajika buah kelengkeg dalam keadaan yang sudah tua atau layak untuk dikonsumsi.

Daging dari buah ini juga agak sedikit tebal serta rasanya yang begitu manis jika dikonsumsi. Bagian permukaannya seperti berbintil yang kasar, namun ini hanya bergantung pada varietasnya.

6. Morfologi Biji

Biji dari buah ini berbentuk buat dengan dua keping yang telah dilapisi dengan biji yang berwarna hitam. Bijinya memiliki warna yang hitam dengan daging yang berwarna putih. Pada daging kelengkeng, ada karbohidrat ciri-ciri dan manfaat ikan bandeng yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Demikianlah pembahasan tentang klasifikasi beserta dengan morfologi dari tanaman kelengkeng. Semoga pembahasan kali ini bisa kamu baca sambil bermain game ML tercantik dan bermanfaat bagi kamu yang sudah membacanya ya!

Posting Komentar

0 Komentar