4 Manfaat Buah Kesemek yang Penting untuk Diketahui

 

Buah kesemek atau Diospyros kaki pertama kali ditemukan di negara Tiongkok sekitar lebih dari ribuan tahun silam.

Buah ini memiliki tampilan yang cukup unik, yaitu berwarna oranye seperti tomat dan memiliki rasa manis seperti madu. Meski tidak sepopuler buah-buahan pada umumnya, manfaat buah kesemek tak boleh diragukan lho sahabat blog.

Kandungan Nutrisi di Dalam Buah Kesemek

Dalam satu buah kesemek terdapat banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Mangan
  • Serat
  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Folat
  • Magnesium
  • Fosfor
Selain itu, buah kesemek juga mengandung beragam antioksidan, seperti flavonoid dan tanin.

Buah yang rasanya manis ini bisa dinikmati dengan berbagai cara, yaitu dimakan langsung, dijadikan campuran salad buah, atau diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti jus, selai, atau puding, es buah.

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Berkat keragaman kandungan nutrisi di dalamnya, tak heran jika buah kesemek memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kesemek yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menjaga kesehatan mata

Dalam satu buah kesemek, terdapat lebih dari setengah kebutuhan vitamin A harian kamu. Selain itu, buah kesemek juga kaya akan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, menajamkan penglihatan, dan mencegah berbagai jenis penyakit mata, misalnya degenerasi macula.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah kesemek selanjutnya adalah memelihara kesehatan jantung berasal dari kandungan antioksidan flavonoid dan tanin yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi peradangan, sehingga baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

Selain untuk mengurangi peradangan, antioksidan juga berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas diketahui bisa memicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Berkat kandungan antioksidan beta karoten di dalamnya, buah kesemek dianggap dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker usus besar.

4. Menjaga kesehatan otak

Buah kesemek mengandung antioksidan fisetin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Senyawa fisetin terbukti mampu meningkatkan memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf, dan mencegah penurunan fungsi kognitif akibat efek penuaan.

Selain itu, fisetin diketahui bisa mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh stroke. Fisetin juga bisa meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh sehingga mampu mengurangi gejala depresi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah kesemek lainnya, seperti membantu menjaga sistem pencernaan, mendorong pembuangan racun dari tubuh, dan mengurangi risiko diabetes. Namun, perlu diperhatikan jika berbagai manfaat buah kesemek seperti yang disebutkan di atas masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi buah kesemak. Selagi membaca artikel di atas, yuk sambil bermain stik evil siapa tahu bisa membantu menghilangkan rasa bosanmu.

Posting Komentar

0 Komentar