Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

 

Apakah kamu pernah mendengar tentang buah ciplukan? Buah ini memiliki rasa manis namun agak asam khas buah-buahan tropis, berwarna hijau, kuning atau orange seperti buah jeruk yang berkuran sedikit lebih kecil dari tomat ceri, dan memiliki kulit yang tipis.

Banyak orang menikmati semburan rasa berair yang terkandung dalam buah ciplukan sebagai camilan atau tambahan salad, saus, dan selai.

Menurut Cancer Chemoprevention Research Center Farmasi UGM, ciplukan atau Physalis angulata L biasanya tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan.

Adapun nama buah ini diketahui berbeda-beda di setiap daerahnyam seperti di Jawa dengan Ciplukan, di Inggris dikenal dengan morel berry, cecendet di Sunda, keceplokan di Bali, dan leletokan di Minahasa.

Selain memiliki rasa yang unik, buah ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Sebuah penelitian menunjukkan, buah ciplukan terlibat dalam efek imunologis atau sistem imunitas tubuh. Sebagai contoh, peneliti sudah mengeringkan ciplukan dan mengekstaksinya dengan etanol sebesar 70 persen.

Hasil tersebut menunjukkan, ekstrak ciplukan itu memberikan dampak positif dan mampu menginduksi apoptosis (kematian) pada sel kanker payudara.

Meski membutuhkan penelitian lanjutan, namun hasil tadi sudah bisa menjadi data yang bagus untuk dikembangkan menjadi salah satu terapi kanker yang diakui.

2. Tinggi Antioksidan

Manfaat buah ciplukan yang kedua adalah tinggi antioksidan. Buah ini mengandung senyawa tumbuhan tinggi yang disebut antioksidan.

Melansir US Proceedings of The National Academy of Science, senyawa ini berfungsi melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Penelitian lain dari Procedia Chemistry, membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dalam buah ciplukan berperan aktif untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti:

- Hepatitis

- Malaria

- Rematik

- Dermatitis

- Asma

- Kanker

3. Manfaat Anti Inflamasi

Manfaat buah ciplukan yang ketiga adalah sebagai anti inflamasi. Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides mungkin memiliki efek anti-inflamasi di dalam tubuh yang sangat bermanfaat untuk melindungi dari kanker usus besar.

Berdasarkan penelitian Jounal of Chron’s and Colitics, ekstrak kulit Ciplukan akan mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus.

Selain itu, tikus yang diobati dengan ekstrak ini memiliki tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah di jaringannya.

Meskipun tidak ada penelitian manusia yang sebanding, penelitian tabung reaksi pada sel manusia mengungkapkan manfaat buah ciplukan terhadap peradangan yang menjanjikan.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat buah ciplukan yang keempat adalah memelihara kesehatan tulang. Buah Ciplukan ini tinggi vitamin K, yakni vitamin larut lemak yang terlibat dalam melatabolisme tulang.

Vitamin K adalah komponen penting dari tulang dan tulang rawan dan juga terlibat dalam tingkat perombakan tulang yang sehat. Ini menjadi cara begaimana tulang rusak dan terbentuk kembali dengan baik.

Melansir International Journal of Endocrinology, vitamin K harus dikonsumsi bersamaan dengan vitamin D untuk kesehatan tulang yang optimal.

5. Meningkatkan Sistem Penglihatan

Manfaat buah ciplukan yang terakhir adalah meningkatkan sistem penglihatan. Buah ciplukan mengandung lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lainnya.

Makanan tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

Secara khusus, karotenoid lutein terkenal untuk mencegah penyakit mata.

Tips:

Meski ada beragam manfaat buah ciplukan yang baik untuk kesehatan, jika kamu hendak mengonsumsinya setiap hari dan memiliki kondisi atau masalah medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna memastikan keamanannya.

selain itu, saat kamu mengonsumsi buah ini sambil bermain Mobile Legend sepertinya sangat seru ya! yuk coba?

 


 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar