6 Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan Tubuh


Di balik rasa asamnya yang khas, ternyata manfaat kedondong bagi kesehatan tidaklah sedikit. Buah yang biasanya dikonsumsi seabagai lalapan, rujak, dan campuran es buah ini mengandung beragam nutrisi yang mampu menyehatkan tubuh.

Kedondong merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, buah ini sangat mudah ditemukan dan sering kali dikonsumsi sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari.

Kandungan Nutrisi Kedondong

Dalam 100 g buah kedondong, terkadung setidaknya 40 kalori dan beragam nutrisi berikut:

  • 1 g protein dan serat
  • 12 g karbohidrat
  • 0,1 g lemak
  • 230 IU vitamin A
  • 30 mg vitamin C
  • 2,8 mg zat besi
  • 15 mg kalsium
  • 65 mg fosfor

Tak hanya kandungan di atas, kedondong juga mengandung vitamin B serta antioksidan flavonoid dan polifenol. Selain itu, buah yang berbentuk bulat ini juga mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antikanker.

Manfaat Kedondong bagi Kesehatan Tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, kedondong juga mampu memberikan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Kedondong menjadi salah satu pilihan buah yang baik dikonsumsi agar memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh karena buah ini merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan vitamin A.

Adapun ketiga zat tersebut disinyalir berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi sel darah putih yang menjadi penunjang daya tahan tubuh.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan serat yang ada pada buah kedondong diketahui bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah ini juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis, yakni penyumbatan pada pembuluh darah, yang bisa memicu penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Kedondong kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Dengan adanya asupan vitamin A dalam buah ini, risiko terkena gangguan penglihatan pun akan lebih rendah, misalnya rabun senja.

Selain itu, kedondong juga mengandung antikoksidan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Melancarkan pencernaan

Jika kamu mengalami kesulitan dalam buang air besar, cobalah untuk mengonsumsi buah kedondong. Buah ini mengandung serat pangan yang mampu melancarkan pencernaan. Kedondong juga dapat memadatkan tinja sehingga mampu mencegah dan mengatasi sembelit.

Selain itu, kandungan serat, antioksidam, serta beragam vitamin dan mineral di dalam buah kedondong juga dapat meindungi kamu dari berbagai gangguan pencernaan lainnya, seperti wasir dan divertikulitis.

Penting untuk kamu ketahui, jika serat di dalam tubuhmu tercukupi, maka hal tersebut bisa mencegah risiko terjadinya kanker usus besar.

5. Menjaga kesehatan kulit

Hampir semua orang menginginkan kulit yang sehat dan awet muda. Namun, adanya paparan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, polusi, dan asap rokok, serta proses penuaan mampu menyebabkan kerusakan sel-sel kulit.

Nah, bagi kamu yang tidak ingin hal itu terjadi, caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Salah satunya adalah buah kedondong.

Buah ini diketahui mengandung antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas, sera vitamin C yang berperan penitng alam pembentukan kolagen, yakni protein yang berguna untuk menjaga kekuatan dan kelenturan alami pada kulit.

6. Menurunkan berat badan

Kedondong mengandung serat pangan yang tinggi. Makanan yang berserat tinggi akan dicernah lebih lambat di dalam tubuh sehingga membuat siapapun yang mengonsusinya merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah mengatur porsi dan pola makan, sehingga berat badanmu pun akan lebih terkontrol.

Bagi kamu yang saat ini tengah menjalani program diet, maka buah ini sangat direkomendasikan untuk di konsumsi. Untuk memaksimalkan beragam manfaat kedondong di atas, kamu juga perlu melengkapinya dengan menerapkan pola makan sehat yang terdiri dari makanan bergizi seimbang.

Demikian ulasan mengenai manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang masih jarang diketahui orang-orang. Meski memiliki beragam manfaat, namun sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan, ya.

Nah, bagi kamu yang saat ini jenuh dan bingung mau melakukan aktivitas apa, ada nih rekomendasi bermain game Candy Crush agar rasa gabut dalam dirimu bisa terobati. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar